AUMBerita

Market Day MIM Kramat Mulur: Tempat Asah Jiwa Usaha Siswa!

PWMJATENG.COM, Sukoharjo¬†‚ÄstMadrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Kramat Mulur di Sukoharjo kembali menggelar kegiatan Market Day, sebuah ajang yang melatih siswa kelas 4 dan 5 dalam berwirausaha. Acara tahunan ini, yang diselenggarakan pada Kamis, 13 Juni 2024, menjadi momen berharga untuk mengasah keterampilan berwirausaha para siswa.

Kepala Sekolah MIM Kramat Mulur, Suwarni, menjelaskan bahwa Market Day merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melatih kepandaian siswa dalam berwirausaha. “Market Day ini diikuti siswa kelas 4 dan 5 untuk melatih kecakapan berwirausaha para siswa,” ujar Suwarni.

Para siswa yang berpartisipasi dalam Market Day menjual berbagai macam makanan dan minuman olahan sehat tanpa pengawet serta pemanis. Mulai dari roti, kue, risol, nasi goreng, bola-bola susu, es coklat, hingga es lilin, menjadi pilihan yang ditawarkan oleh siswa-siswa tersebut.

Baca juga, Memakmurkan Masjid Muhammadiyah

Suwarni menambahkan bahwa siswa-siswa membuat sendiri makanan yang akan dijual dengan kerjasama dari wali murid. Hasil dari Market Day ini dikembalikan ke modal awal siswa. Jika terdapat laba, maka laba tersebut dimasukkan ke kas kelas masing-masing.

Salah satu siswa kelas 5, Elisa Nasya Salsabila, mengungkapkan kegembiraannya dapat berpartisipasi dalam kegiatan Market Day. “Saya jualan es lilin. Sudah habis dibeli teman-teman tadi,” ungkap Nasya dengan senang.

Market Day tidak hanya menjadi ajang belajar berwirausaha bagi siswa, tetapi juga memberikan peluang untuk mengembangkan kreativitas, kerja sama tim, dan tanggung jawab. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan jiwa wirausaha para siswa di MIM Kramat Mulur.

Kontributor : Pujoko
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE