Majelis Lembaga

Lazismu Kabupaten Pekalongan Targetkan Perolehan ZISKA Ramadhan 5 Miliar

PWMJATENG.COM, Pekalongan – Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Pekalongan menargetkan perolehan ziska (zakat, infaq, shadaqah dan dana keagamaan lainnya) sebesar lima miliar rupiah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Pekalongan,  Drs. H. Riyanto, M. Pd, dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Program Ramadhan Tahun 1444 Hijriyah kepada seluruh Kantor Layanan Lazismu, Majelis Tabligh dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Se-Kabupaten Pekalongan, Senin, 13 Maret 2023, di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan, jl. Pahlawan No. 10 Gejlik, Kajen, Pekalongan.

Dalam sambutannya, Riyanto juga menyampaikan jika pada Ramadhan tahun 1443 Hijriyah lalu, Lazismu Kabupaten Pekalongan berhasil menghimpun dana ziska mencapai 3,2 miliar. Riyanto menekankan pentingnya sinergi antar lembaga di Muhammadiyah agar dapat lebih optimal dalam melaksanakan program.

Riyanto juga berpesan kepada para mubaligh Muhammadiyah yang tergabung dalam Majelis Tabligh untuk senantiasa menebarkan himbauan kepada masyarakat untuk gemar berzakat dan berinfaq melalui Lazismu, karena keberhasilan Lazismu dalam penghimpunan maupun pendayagunaan, hakikatnya adalah untuk kebesaran Persyarikatan.

Rakorsus Ramadhan tahun ini memang cukup istimewa karena dilaksanakan bersama dengan Majelis Tabligh Daerah dan Cabang se Kabupaten Pekalongan. Dengan demikian kedua pihak bisa saling memahami tugas dan fungsi serta harapan dari masing-masing.

Para Amil Lazismu dapat memahami tuntunan ibadah Ramadhan sebagaimana yang dikeluarkan oleh Majelis Tarjih, sehingga dapat ikut membantu Majelis Tabligh sesuai dengan kemampuannya. Di sisi lain, para mubaligh juga dapat memahami program kerja dan target yang ditetapkan Lazismu, sehingga dapat pula membantu mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat.

Sebagai informasi pada Bulan Ramadhan 1444 H ini, Lazismu telah menyiapkan beberapa program, seperti Kado Ramadhan bagi yatim dan dhuafa, tebar takjil, pemberdayaan umkm, back to masjid, hingga membuka posko mudikmu aman.

Dalam kesempatan rakorsus tersebut, Lazismu Kabupaten Pekalongan juga membagikan jadwal imsakiyah Ramadhan 1444 H dan Buku Risalah Ramadhan yang merupakan kumpulan kultum Ramadhan karya Dewan Syariah Lazismu yang juga mudir IMBS Miftahul Ulum Pekajangan, Dr. Sumarno.

Kontributor : Fakhrudin

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.