Berita

Kunjungi Perpustakaan Keliling SD MPK Kottabarat, Semarakkan Kegiatan Literasi

PWMJATENG.COM, Surakarta– Dalam rangka peringatan bulan bahasa Oktober 2023, SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar berbagai kegiatan semarak literasi. Kegiatan tersebut meliputi kunjungan perpustakaan keliling, kegiatan baca keliling, dan sedekah buku bacaan.

Kegiatan kunjungan mobil perpustakaan keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Surakarta berlangsung di halaman sekolah setempat, Jumat (13/10/2023).

Mobil perpustakaan keliling terjadwal secara rutin sebulan sekali. Koleksi buku bacaan dapat dibaca di tempat dan tidak dapat dipinjam atau dibawa pulang. Selain menyambut semarak bulan bahasa, kegiatan ini merupakan bagian dari program perpustakaan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta.

Petugas perpustakaan keliling, Didiet Adiyanto, mengungkapkan tujuan layanan perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca murid khususnya di Kota Surakarta serta menambah cakrawala keilmuan melalui kegiatan membaca.

“Terwujudnya pendidikan karakter bisa didapatkan melalui kegiatan membaca. Keterampilan ini sangat dibutuhkan agar mereka bisa menyaring informasi yang benar melalui kegiatan membaca,” ungkapnya.

Baca juga: Sambut Milad Muhammadiyah ke-111 PDM Kebumen Gelar Senam Bersama

Vera Wardiningsih, selaku pustakawan sekolah, menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk menggalakkan budaya literasi membaca yang ada di lingkungan sekolah serta memberi wawasan kepada murid alternatif tempat membaca yang beragam.

“Selain kunjungan mobil perpustakaan keliling, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta juga menyelenggarakan kegiatan Baca Keliling (Baling) di Pendopo Perpustakaan Kampung Kelurahan Panularan,” ujar Vera.

Menurutnya, selain mensosialisasikan eksistensi perpustakaan sekolah, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran membaca khususnya anak-anak yang tinggal di lokasi sekitar.

“Kegiatan Baling (Baca Keliling) rencananya akan dilakukan secara berkala menyasar kampung-kampung di area kecamatan Laweyan,” imbuh Vera.

Sebagai puncak peringatan bulan bahasa, sekolah mengadakan program sedekah buku bacaan. Secara sukarela murid menyedekahkan buku bacaan yang dimiliki untuk menambah koleksi buku di perpustakaan sekolah.

Salah satu murid kelas 2, Alfian Maulana Ario, turut menyumbangkan satu buku bacaan koleksinya. Ia mengaku ikhlas dan berharap buku tersebut bermanfaat untuk teman-teman yang lain.

“Aku ikhlas menyumbangkan buku ensiklopedia dunia hewan. Semoga teman-teman semakin senang berkunjung ke perpustakaan,” pungkas Alfian.

Kontributor: Nikmah Hidayati/Kaur

Editor : M Taufiq Ulinuha

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.