Berita

Komentar Hate Speech terhadap Ketum PP Muhammadiyah: Suul Adab! Bisa Jadi Delik Pidana!

PWMJATENG.COM, Semarang – Pagi ini, Selasa (16/1) akun Instagram @kaderhijaumuhammadiyah milik gerakan kultural kader Muhammadiyah yang memiliki concern di bidang lingkungan hidup dan hak asasi manusia mengunggah konten “5 Pertanyaan untuk Elite NU dan Muhammadiyah” dengan foto dua tokoh besar, yakni Prof. Dr. KH. Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Dr. KH. Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama’.

Caputure postingan akun @kaderhijaumuhammadiyah

Yang menarik pada postingan tersebut, terdapat komentar yang cenderung bermuatan ujaran kebencian kepada Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si.

Akun Instagram @yb.tiar mengomentari postingan tersebut, “KADER Muhammadiyah jadi Bancakan partai politik. Eh Si Haedar Nashir malah ngebacot soal netralitas. Aneh.”

Capture komentar postingan @kaderhijaumuhammadiyah

Diketahui pemilik akun tersebut berinisial Y dan tinggal di Yogyakarta. Berdasarkan penelusuran nomor WA miliknya, diketahui ia juga bergabung ke beberapa grup terafiliasi Muhammadiyah. Berkenaan dengan isu bahwa ia merupakan kader Ortom, belum ada informasi lebih lanjut.

Adapun, berdasarkan analisa yang redaksi lakukan, komentar tersebut memiliki potensi sebagai hate speech/ujaran kebencian. Hingga berita ini diterbitkan, postingan tersebut telah disukai oleh ratusan pengguna Instagram.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE