BeritaPWM Jateng

Ketua PWM Jawa Tengah Dorong Peningkatan Efektivitas Pendidikan Muhammadiyah melalui Kolaborasi dan Harmonisasi

PWMJATENG.COM, Semarang – Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal (Dikdasmen-PNF) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dari Jumat hingga Senin, 31 Mei – 3 Juni 2024. Rakornas diikuti oleh peserta dari Majelis Dikdasmen-PNF Wilayah dan Daerah se-Indonesia dengan tema “Bertransformasi Membangun Pendidikan Muhammadiyah Unggul dan Berkemajuan dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045.”

Tafsir, Ketua PWM Jawa Tengah, menjadi narasumber utama dalam mengupas peran Pimpinan Wilayah dan Daerah Muhammadiyah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas amal usaha pendidikan Muhammadiyah. Dalam pemaparannya, Tafsir menyoroti keempat konsep kunci yang dianggap penting: Harmonisasi, Sinkronisasi, Kolaborasi, dan Komunikasi.

Dikatakan oleh Tafsir, “Harmonisasi antara program dan kegiatan pendidikan Muhammadiyah menjadi esensi penting. Konsistensi dan keselarasan antara tujuan, metode, dan hasil yang diinginkan akan menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih stabil.”

Baca juga, Tafsir Ajak Majelis Dikdasmen PNF Tingkatkan Kreativitas Dakwah Melalui Seni dan Budaya

Poin lain yang disorot adalah sinkronisasi antara kurikulum, metode pengajaran, dan teknologi. “Sinkronisasi dengan perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan menjadi krusial bagi Pimpinan Wilayah dan Daerah Muhammadiyah,” tegas Tafsir.

Selanjutnya, Tafsir mendorong untuk meningkatkan kolaborasi antarlembaga pendidikan Muhammadiyah dan pihak eksternal seperti pemerintah dan industri. “Kolaborasi yang kuat akan memperluas akses terhadap sumber daya dan pengalaman belajar,” ungkapnya.

Poin terakhir yang ditekankan adalah pentingnya komunikasi yang efektif dalam sistem pendidikan Muhammadiyah. “Komunikasi yang terbuka dan responsif terhadap masukan dari semua pihak akan memperkaya pengalaman pendidikan bagi siswa-siswa Muhammadiyah,” jelas Tafsir.

Melalui penerapan prinsip-prinsip kolaborasi, harmonisasi, dan komunikasi yang efektif, Pimpinan Wilayah dan Daerah Muhammadiyah diharapkan dapat mencapai kemajuan yang signifikan dalam meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan bagi masyarakat yang dilayani.

Kontributor : Hendra Apriyadi
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE