Kabar Daerah

Ketua PWM Jateng Resmikan KL Lazismu Unimma

PWMJateng.com, Magelang. Dalam kunjungan kerja ke Magelang, Jum’at (12/03/2021) Ketua PWM Jawa Tengah, Tafsir,  meresmikan Kantor Layanan (KL) Lazismu Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma). Dalam kesempatan tersebut, Tafsir menyerahkan Surat Keputusan (SK) KL Lazismu Unimma dari Lazismu Wilayah Jawa Tengah.

Peresmian dan penyerahan SK KL Lazismu Unimma tersebut dilaksanakan di Auditorium Unimma, Kampus 1 Jalan Tidar, Kota Magelang dan dihadiri oleh Rektor Unimma, Suliswiyadi beserta jajaran wakil rektor, dekan, kaprodi, dosen dan karyawan Unimma. Turut hadir pula jajaran pengurus Lazismu Wilayah Jawa Tengah, Kabupaten dan Kota Magelang.

Saat memberikan sambutan, Tafsir mengatakan dengan berdirinya KL Lazismu penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh keluarga besar Unimma menjadi jelas. “Semuanya (penyaluran ZIS) bisa tersentral di Lazismu sehingga potensi ZIS bisa lebih diberdayakan, baik untuk kepentingan internal Unimma maupun untuk kepentingan yang lebih luas lagi,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Tafsir mengatakan bahwa Lazismu Jawa Tengah disebut oleh Lazismu PP Muhammadiyah sebagai Lazismu terbaik di Indonesia. “Sehingga disamping dari sisi pengumpulan ini selain menjadi motivasi juga harus memenuhi standar pengelolaan ZIS yang profesional sesuai standar Kantor Akuntan Publik (KAP),” imbuhnya.

Menurut Tafsir, dari 35 Lazismu kabupaten/kota di Jawa Tengah, sebanyak 28 Lazismu sudah melaksanakan audit. “Dua puluh delapan Lazismu yang diajukan di tahun 2019, semuanya sudah memenuhi standar WTP, Wajar Tanpa Pengecualian. Tinggal tujuh yang belum diaudit, akan diajukan tahun 2021 ini sehingga diharapkan tahun ini semuanya sudah berstatus WTP. Ini yang terbanyak di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Unimma Suliswiyadi mengatakan bahwa pendirian KL Lazismu di Unimma menjadi salah satu program di era kepemimpinannya. “Setelah dikukuhkannya KL Lazismu Unimma diharapkan minat untuk menunaikan ZIS semakin meningkat. KL Lazismu Unimma ini bukan hanya tempat mengumpulkan ZIS, tapi juga aspek akuntabilitasnya bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Selanjutnya Suliswiyadi menghimbau kepada segenap jajaran civitas akadamika Unimma untuk aktif menyalurkan ZIS.”Zakat yang harus dikeluarkan dari aktifitas-aktifitas kita sebagai hamba Alloh yang taat karena menjalankan profesi sebagai dosen atau di luar sebagai dosen, barangkali ada kewajiban zakat, infaq atau shodaqoh,” pungkasnya.

Peresmian KL Lazismu Unimma ditutup dengan kunjungan peninjauan ke Kantor KL Lazismu Unimma yang terletak di Kampus 2 Unimma, Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Kantor KL Lazimu Unimma terletak di lantai bawah bangunan komplek Masjid Manarul ‘Ilmi, Unimma. (Sapari/MPI PDM Kabupaten Magelang).

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE