Berita

Kemitraan Pembimbing Asrama dan Orang Tua Santri: Kunci Sukses Pendidikan di Pesantren Darul Arqom

PWMJATENG.COM, Purworejo¬†‚ÄstPondok Pesantren Darul Arqom SMP Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo terus memperkuat komitmennya dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan inklusif. Melalui kemitraan erat antara pembimbing asrama dan orang tua santri, program ini berhasil mendukung perkembangan akademis, spiritual, dan sosial santri serta memperkuat komunikasi dan kerja sama yang saling menguntungkan.

Program kemitraan ini adalah inisiatif dari Hermawan dan Firdaus, dosen di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Keduanya berkontribusi melalui pengabdian masyarakat yang didukung oleh Majelis Diktilitbang Muhammadiyah melalui Hibah Riset-Mu batch VII tahun 2023.

Fahri al Fakih, Direktur Pondok Pesantren Darul Arqom, menyatakan bahwa pesantren beruntung mendapat bimbingan dari dosen-dosen di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. “Kolaborasi ini bertujuan mengintegrasikan peran pembimbing asrama dan orang tua dalam mendukung pendidikan santri. Kami percaya pendidikan yang efektif membutuhkan sinergi antara lembaga pendidikan dan keluarga,” ujarnya, Kamis (20/6/24).

Firdaus menjelaskan bahwa kemitraan ini memiliki tiga tujuan utama: meningkatkan komunikasi, mendukung perkembangan santri, dan membangun kepercayaan. “Tujuan pertama adalah membuka saluran komunikasi yang lebih baik antara pembimbing asrama dan orang tua, sehingga perkembangan dan permasalahan santri dapat ditangani dengan cepat dan tepat,” jelas Firdaus.

Tujuan kedua adalah mendukung perkembangan santri secara komprehensif baik dari segi akademis, spiritual, maupun sosial. “Dukungan menyeluruh ini membantu santri untuk berkembang secara optimal di berbagai aspek kehidupannya,” tambah Firdaus.

Tujuan ketiga adalah membangun kepercayaan dan kerja sama yang kuat antara pembimbing asrama dan orang tua. “Dengan adanya kepercayaan yang terjalin erat, tercipta lingkungan pendidikan yang kondusif dan mendukung,” ungkapnya.

Baca juga, Sinergi Filantropi Islam untuk Inovasi Sosial

Sejak program ini diluncurkan, berbagai kegiatan telah dilaksanakan untuk mendukung kemitraan ini. Salah satunya adalah pertemuan rutin bulanan antara pembimbing asrama dan orang tua santri. Ustadz Fahri menyebutkan bahwa pertemuan ini dihadiri oleh pembimbing asrama, orang tua santri, serta beberapa guru dan staf pengajar. “Dalam pertemuan ini, dibahas berbagai isu terkait perkembangan santri, pencapaian akademis, serta masalah-masalah yang mungkin dihadapi santri dalam kehidupan sehari-hari di asrama,” ujarnya.

Selain pertemuan rutin, diadakan juga workshop dan pelatihan bagi pembimbing asrama dan orang tua santri. Workshop ini meliputi topik-topik seperti teknik komunikasi efektif, manajemen stres, dan strategi pengasuhan yang positif. Kegiatan lain yang tak kalah penting adalah kunjungan orang tua ke asrama dan program konsultasi pribadi antara orang tua dan pembimbing asrama.

Program kemitraan ini telah memberikan berbagai dampak positif bagi santri, orang tua, dan pembimbing asrama. Dukungan yang lebih komprehensif dari pembimbing asrama dan orang tua telah meningkatkan prestasi akademis banyak santri. Kolaborasi ini juga meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian santri, serta memperkuat nilai-nilai spiritual dan moral mereka.

Rina, salah satu orang tua santri, menyampaikan kesannya tentang program ini. “Saya merasa sangat terbantu dengan adanya program kemitraan ini. Saya jadi lebih memahami bagaimana mendukung anak saya dalam belajar dan beradaptasi di asrama,” ujarnya.

Fahri al Fakih, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program kemitraan ini. “Kami sangat berterima kasih kepada para pembimbing asrama dan orang tua santri yang telah berpartisipasi aktif dalam program ini. Kesuksesan program ini tidak terlepas dari kerja sama dan dukungan yang luar biasa dari semua pihak,” ujarnya.

Pondok Pesantren Darul Arqom berencana untuk terus mengembangkan dan memperluas program kemitraan ini di masa depan agar semakin memberikan dampak positif yang lebih besar bagi perkembangan santri. Dengan komunikasi yang efektif, dukungan yang komprehensif, dan kerja sama yang erat, Pondok Pesantren Darul Arqom berhasil menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan mendukung perkembangan santri.

Kontributor : Alvin Qodri Lazuardy
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE