AUMBerita

Kejutan! Tim Robot UMS Sukses Running Test di KRI 2024, Siap Rebut Juara Nasional

PWMJATENG.COM, Surakarta – Empat tim robot dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sukses menjalani running test dalam rangkaian Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 Seleksi Tingkat Wilayah 1 dan 2. Acara ini dilaksanakan di Gedung Auditorium Moh. Djazman Kampus 1 UMS pada Kamis, (30/5).

Pada KRI 2024, UMS menampilkan empat robot andalannya: Robot Research (RR) Abu Hero pada divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), RR Adisha pada divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), RR Megalodhon pada divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), dan RR El Ganador pada divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Manajer Tim KRI 2024 UMS, Helmi Hidayatullah, menyatakan bahwa kegiatan running test keempat tim robot UMS berjalan lancar dan sesuai rencana. “Alhamdulillah, running test berjalan lancar. Semoga besok kita dapat menampilkan yang terbaik dan lolos ke KRI 2024 Tingkat Nasional,” kata Helmi.

Ilham Aziz Saputra, Ketua Robot Research (RR) El Ganador UMS yang berkompetisi di Divisi KRTMI, juga mengungkapkan bahwa running test timnya sukses. Robot mereka berhasil memasukkan 10 komponen sampah ke tempat sampah yang sesuai, tanpa ada yang tertinggal atau salah posisi. “Ya, tadi bisa masuk semua dan benar semua. Harapannya untuk besok, robot bisa berjalan dengan baik dan sampah bisa dimasukkan dengan benar tanpa jatuh dan tidak tersisa di meja,” ujar Ilham.

Baca juga, Cegah Fraud pada AUM Ekonomi, PWM Jateng Tegaskan Hal Ini!

Pembimbing Komunitas Robot Research UMS, Umi Fadlilah, berharap tahun ini UMS bisa kembali meraih podium seperti pada tahun 2022 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan tahun 2023 di Universitas Semarang (USM). “Pesan saya, semuanya diawali dengan doa dan diakhiri dengan doa. Semoga lancar dan percaya diri karena kita sudah dua kali juara. Harapannya robot dari tim UMS dapat melewati semua objek dan tantangan, serta semua skor dapat diambil dengan maksimal,” jelasnya.

Dengan persiapan yang matang dan hasil running test yang memuaskan, Tim Robot UMS optimis menghadapi kompetisi selanjutnya. Keberhasilan dalam running test ini menambah semangat dan keyakinan bahwa mereka bisa meraih prestasi gemilang di KRI 2024 Tingkat Nasional. Dukungan dan doa dari seluruh civitas akademika UMS diharapkan dapat memperkuat perjuangan tim dalam meraih kemenangan.

Partisipasi UMS dalam KRI 2024 tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga wujud nyata komitmen universitas dalam mengembangkan teknologi dan inovasi. Keempat tim robot ini diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam bidang robotika dan membawa nama baik UMS di kancah nasional.

Dengan kerja keras dan dedikasi, UMS siap menunjukkan bahwa mereka adalah salah satu yang terbaik di bidang robotika. Ajang KRI 2024 ini diharapkan menjadi momentum bagi tim robot UMS untuk terus berprestasi dan menginspirasi generasi muda lainnya dalam menciptakan inovasi teknologi yang bermanfaat.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE