AUMBerita

Kejutan! Kepala SMP AT TIN UMP Menjadi Reviewer dalam Workshop Kurikulum OBE Magister PAI UMP

PWMJATENG.COM, Banyumas – Workshop Kurikulum Outcome-Based Education (OBE) Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berlangsung sukses di Kampus 1 UMP, Gedung RSB FKIP Lantai II, Kamis (27/5). Acara yang digelar oleh Fakultas Agama Islam UMP ini dipimpin oleh Ketua Program Studi Magister PAI, Darojat, dan menghadirkan sejumlah reviewer, termasuk beberapa alumni UMP yang telah berkiprah di dunia pendidikan.

Salah satu reviewer yang mendapat perhatian khusus adalah Alvin Qodri Lazuardy, M.Pd, Kepala SMP AT TIN UMP. Dalam sesi review-nya, Alvin memberikan berbagai masukan konstruktif untuk memperkuat kurikulum OBE yang tengah dikembangkan.

Alvin menyoroti pentingnya memasukkan mata kuliah Filsafat Ilmu Murni dalam kurikulum Magister PAI. Menurutnya, mata kuliah ini sangat penting untuk mengasah kemampuan analisis mahasiswa pascasarjana, khususnya dalam mengklasifikasikan konsep-konsep ontologis, epistemologis, etimologis, terminologis, dan aksiologis. “Pemahaman mendalam tentang Filsafat Pendidikan Islam perlu diimbangi dengan kemampuan logika yang kuat,” ujar Alvin.

Selain itu, Alvin juga menekankan bahwa mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam harus mendapatkan porsi yang cukup dalam kurikulum. Ia berargumen bahwa pemahaman yang mendalam mengenai filsafat ini akan membantu mahasiswa dalam mengembangkan pemikiran kritis dan analitis yang diperlukan dalam penelitian dan praktik pendidikan Islam.

Baca juga, Tafsir Ajak Majelis Dikdasmen PNF Tingkatkan Kreativitas Dakwah Melalui Seni dan Budaya

Workshop ini berlangsung dari pagi hingga sore hari dan dihadiri oleh peserta yang antusias, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi pendidikan. Dalam acara tersebut, berbagai ide dan saran dari para reviewer diharapkan dapat memperkaya kurikulum OBE Magister PAI UMP sehingga lebih relevan dan responsif terhadap kebutuhan zaman.

Darojat, Ketua Program Studi Magister PAI UMP, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para reviewer, termasuk Alvin Qodri Lazuardy, atas kontribusi dan masukan yang diberikan. “Kami berharap dengan adanya masukan dari para reviewer yang berpengalaman, kurikulum yang kami susun dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan,” kata Dr. Darojat.

Dengan adanya workshop ini, Fakultas Agama Islam UMP berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas tetapi juga kemampuan analitis dan kritis yang tinggi. Acara ini juga menjadi bukti komitmen UMP dalam menjaga mutu pendidikan dan relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja.

Workshop ini juga menjadi platform penting untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan antara akademisi dan praktisi pendidikan. Melalui diskusi yang konstruktif dan kolaboratif, diharapkan kurikulum OBE Magister PAI UMP dapat terus diperbarui dan ditingkatkan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi positif dalam dunia pendidikan.

Acara ini menegaskan kembali komitmen UMP untuk menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang relevan dengan kebutuhan zaman dan industri. Dengan berbagai masukan berharga dari para reviewer, termasuk Alvin Qodri Lazuardy, kurikulum OBE Magister PAI UMP diharapkan dapat menjadi model bagi program studi lainnya di Indonesia.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE