AUMBerita

Inspiratif! Wisuda Tahfidz SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Penuh Haru dan Kebanggaan

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Pada Senin, 27 Mei 2024, SMP Muhammadiyah 1 Kartasura menyelenggarakan Wisuda Tahfidz untuk Juz 30, 29, 28, 27, 26, 1, dan 2. Kelas Tahfidz Angkatan 1 ini mengusung tema “Bekal Orang Tua dan Anak Penghafal Alquran” dan diadakan di Aula Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Sebanyak 28 siswa mengikuti wisuda ini setelah menyelesaikan ujian hafalan pada Sabtu, (11/5).

Acara wisuda dimulai dengan kirap wisudawan yang mengenakan busana putih, menciptakan suasana khidmat dan penuh haru. Prosesi wisuda diawali dengan Tilawatil Qur’an oleh Faizah At Taqiyah dari kelas 8 Tahfidz dan Sari Tilawah oleh Zifara Aulia, menambah kekhusyukan acara tersebut.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kartasura, Yayuk Nur Rahayu, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada orang tua siswa yang telah mendukung anak-anak mereka dalam menghafal Alquran selama tiga tahun. “Terima kasih kepada ayah/bunda yang telah luar biasa membersamai perjalanan ananda dalam menghafal Alquran dan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang diprogramkan Kelas Tahfidz SMP Muhammadiyah 1 Kartasura,” ujarnya.

Beliau juga menjelaskan tentang delapan pintu surga dalam agama Islam, yaitu: Syahadat, Shalat, Puasa, Zakat, Haji dan Umrah, Sedekah, Akhlak, dan Jihad. “Para penghafal Alquran akan diberi kebebasan memilih masuk surga melalui pintu mana saja,” tambahnya.

Baca juga, Mengapa Paham Salafi Mudah Masuk di Muhammadiyah?

Acara semakin syahdu dengan mauidzah hasanah yang dibawakan oleh Habib Adnan. Ia berpesan kepada wisudawan dan orang tua mengenai bekal bagi penghafal Alquran. “Tanamkan keimanan yang kuat dalam diri anak, jaga keikhlasan dan niat yang terbaik serta azam yang kuat untuk memiliki anak penghafal Alquran, bangun dan samakan visi semua anggota keluarga, istiqomah dan sabar mendampingi, serta menjadi guru terbaik di rumah,” tuturnya.

Adnan juga menekankan bahwa mempunyai anak penghafal Alquran adalah kekayaan yang tak ternilai. “Anak-anak penghafal Alquran adalah keluarganya Allah di surga nanti,” jelasnya.

Dalam acara wisuda ini, penghargaan diberikan kepada wisudawan terbaik yang berhasil menyelesaikan hafalan minimal 5 juz dalam tiga tahun. Penghargaan ini diberikan kepada Rahmani Aulia Putri, Athiya Putri Syaicha, Adila Putri Syaicha, Zulfan Ramadhan yang masing-masing menyelesaikan 5 juz, dan Munaya Umdatun Nisa yang berhasil menghafal 6 juz.

Wisuda Tahfidz ini tidak hanya menjadi momen yang membanggakan bagi siswa dan orang tua, tetapi juga menginspirasi seluruh komunitas sekolah untuk terus mendukung pendidikan agama dan hafalan Alquran di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura.

Kontributor : Heru Kusmawan
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE