AUMBerita

Inilah Rahasia Menjadi Guru PAUD Sukses! Simak Kuliah Kerja Lapangan UMP yang Membuka Tabir Keterampilan Guru Anak Usia Dini

PWMJATENG.COM, Banyumas – Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggebrak dunia pendidikan dengan menggelar Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bertajuk “Menjadi Guru PAUD yang Berkemajuan”. Acara yang dihelat di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, pada Ahad (3/12/2023), menampilkan Diyah Puspitarini SPd MPd, Sekertaris Pimpinan Pusat Aisyiyah 2022-2027, dan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Republik Indonesia (KPAI RI) Periode 2022-2027, sebagai narasumber utama.

Dalam paparannya, Diyah Puspitarini menyoroti isu-isu strategis hasil Muktamar ‘Aisyiyah ke-48, terutama terkait peningkatan mutu dan kualitas anak didik. Ia menegaskan urgensi memiliki pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) berkualitas, khususnya di era revolusi industri 4.0 dan menuju 5.0. Paradigma pembelajaran baru ditekankan, di mana pengetahuan dan nilai-nilai internal menjadi fokus utama.

“Guru PAUD harus memiliki kemampuan multifungsi sebagai pendidik, pengasuh, pendisiplin, dan teladan dalam kebaikan dan kesabaran,” tegas Diyah Puspitarini.

Narasumber juga menggarisbawahi sejumlah tantangan yang dihadapi guru PAUD, seperti ketimpangan literasi, kesulitan belajar siswa, dan pembangunan hubungan dengan orang tua siswa. Dikemukakan bahwa penguasaan keterampilan tertentu, seperti memberikan instruksi yang jelas, memiliki kepekaan sosial yang tinggi, dan keterampilan komunikasi, sangat vital dalam profesi ini.

Kepala Program Studi PGPAUD, Dr Desti Pujianti MPd, menegaskan komitmennya untuk membela kesejahteraan guru PAUD bersama Persatuan Perempuan ‘Aisyiyah (PP Aisyiyah) dan KPAI RI. Ia menyoroti pentingnya perhatian serius pemerintah terhadap perjuangan guru PAUD sebagai investasi bagi generasi masa depan bangsa.

“Acara KKL ini dihadiri oleh mahasiswa Prodi PGPAUD UMP yang dengan antusias mengikuti pemaparan dan diskusi mengenai perkembangan terkini dalam dunia pendidikan anak usia dini. Semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan PAUD pun semakin membara, terutama dengan adanya wawasan dari narasumber yang telah berpengalaman dalam bidang pendidikan dan perlindungan anak,” ungkap Dr. Desti.

Kaprodi berharap, kegiatan tersebut akan memberikan landasan baru bagi mahasiswa PGPAUD UMP untuk menjelajahi dunia pendidikan PAUD dengan bekal ilmu dan semangat yang membara, membawa terobosan positif bagi pendidikan anak usia dini di Indonesia.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE