Berita

IGABA Pekalongan Ikut Meriahkan Gebyar Milad 1 Abad TK ABA

PWMJATENG.COM, PEKALONGAN – ‘Aisyiyah menjadi pelopor pertama dalam hal pendidikan anak. Dua tahun setelah ‘Aisyiyah berdiri tepatnya pada tahun 1919 ‘Aisyiyah mendirikan pendidikan anak usia dini (PAUD) pertama di Indonesia yang di beri nama Frobel, setelah berdiri di beberapa daerah, nama Frobel di seragamkan menjadi ‘Aisyiyah Bustanul Athfal, yang sampai saat ini telah berdiri 5.865 TK ABA di seluruh Indonesia.

Memperingati milad 1 Abad TK ABA berdiri di Indonesia Ikatan Guru ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) bersama dengan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Pekalongan selenggarakan serangkain acara yang diikuti oleh seluruh pengajar TK ABA berjumlah 340 peserta dan perwakilan dari masing-masing pimpinan cabang ‘Aisyiyah yang seluruhnya mengenakan baju kebaya. Rangkaian kegiatan di mulai dari karnaval yang dimeriahkan dengan iriing-iringan marching band dari SD Muhammadiyah Ambokembang dan tim marching band dari IGABA Kedungwuni, berjalan menuju lapangan kecamatan Kedungwuni yang dihadiri pula oleh Dinas Pendidikan dan Pejabat Pemerintahan dari Kec.Kedungwuni.

“Hari ini kami Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah bersama dengan Ikatan Guru Bustanul Athfal Kab.Pekalongan mengadakan kegiatan dalam rangka memperingati Gebyar 1 Abad TK ABA sekaligus perayaan hari kartini dengan mengangkat tema Dengan Semangat Kertini Kita sonsong 1 Abad TK ABA yang Berkarakter Islami dan Berkemajuan.” Ungkap Rumainur Ketua PDA Kab.Pekalongan

TK ABA yang pertama berdiri di Kab.Pekalongan adalah TK ABA Ambokembang 1 yang terletak di Kec.Kedungwuni didirikan pada 1 Juli 1953 saat ini telah berusia 65 tahun. Maka 65 tahun sudah TK ABA mendidik dan bermain bersama anak-anak di Kab.Pekalongan dengan total 46 pendidikan anak formal dan 43 pendidikan anak nonformal, dengan jumlah pengajar di seluruh Kab.Pekalongan ada 340 pengajar dan jumlah peserta didik ada 1.060 siswa.

Rumainur menambahkan bahwa saat ini telah banyak prestasi yang di raih oleh TK ABA di Kab.Pekalongan diantaranya menjadi TK Terpadu Percontohan Nasional, memperoleh predikat sekolah sehat, dari pengajar TK ABA mendapat juara guru breprestasi tingkat Kabupaten, pengajar TK ABA juga masuk menjadi mentor UKG tingkat Jawa Tengah, dan menjadi asesor BAN-PNFI tingkat Jawa Tengah, kemudian juga masuk nominasi dalam bidang pengelolaan PAUD tingkat provinsi.

Kemeriahan Gebyar 1 Abad TK ABA disi pula dengan penampilan dari para pengajar, diantaranya penampilan rampak angklung dari IGABA Cabang Kajen, Marching Band dari IGABA Cabang Kedungwuni, tari kipas oleh IGABA Cabang Pekajangan, Panggung Boneka oleh IGABA Cabang Wiradesa, dan kreasi tari nirmala oleh IGABA Cabang Bligo. (KARTIKA)

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE