Berita

HEBAT!! Siswa Kelas 10 SMA Muhammadiyah Gombong Ciptakan Mobil Tenaga Surya

PWMJATENG.COM, GOMBONG – Siswa SMA Muhammadiyah Gombong, Jawa Tengah. Salah satunya bernama Muhammad Tsaqif Faqiyudin menciptakan mobil tenaga Surya Buggy yang terinspirasi dari game online yaitu PUBG Mobile.

Kreasi mobil tersebut diketahui ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan polusi asap, karena memanfaatkan energi surya. Mobil tersebut dibuat dengan memakai lima buah panel solar cell yang terdapat pada bagian atap mobil.

Tsaqif Faqiyudin, mengatakan bahwa ia dan timnya membutuhkan waktu kira-kira sekitar dua bulan untuk merakit dan menguji mobil buatannya.

“Butuh dua bulan untuk bisa mobil ini di-test drive. Kalau durasi atau jamnya kita belum tahu, tapi untuk jarak maksimal 20 kilometer,” ujar Tsaqif,

Berbekal semangat dan arahan dari guru pembimbing. Mobil tenaga surya akhirnya terselesaikan. Dan mobil tersebut bisa menempuh maksimal jarak 20 kilometer.

Mobil tenaga surya ini menggunakan dinamo brushless dc dengan kekuatan 800 watt. Total baterai berjumlah 5 unit, 4 unit baterai penggerak mesin dan 1 unit baterai untuk menyalakan komponen elektronik tambahan masing-masing 12 volt dengan arus 35 ampere. Dan Jika matahari terlalu terik maka unit baterai akan terisi penuh sekisar 5-6 jam melalui panel solar cell.

Harapannya, mobil yang kini didesain yang hanya memiliki satu kursi tersebut tidak hanya sekedar menjadi modal transportasi melainkan juga sebagai ajang kampanye ramah lingkungan.

Penulis Syifa. Editor Ahmad Basyiruddin

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE