AUMBerita

Hebat! Balqis Raih Juara 1 Lomba Bercerita Tingkat Jawa Tengah dengan Kisah “Dido yang Baik Hati”

PWMJATENG.COM, Surakarta – Balqis Florata De Manasa, murid kelas V SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo, berhasil meraih juara 1 dalam lomba bercerita Festival Insan Pendidikan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah. Pengumuman pemenang dan penyerahan penghargaan dilaksanakan di gedung BBGP Provinsi Jawa Tengah, Kp. Dadapan RT 06 RW 07, Jatikuwung, Gondangrejo, Karanganyar, Rabu (22/5).

Festival Insan Pendidikan adalah rangkaian lomba dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2024, yang diikuti oleh pelajar tingkat PAUD/TK, SD, SMP, SMA/SMK, SLB, serta guru dan dinas pendidikan se-Jawa Tengah.

Berdasarkan petunjuk teknis yang tertuang dalam situs resmi BBGP Jawa Tengah, lomba bercerita dimulai dengan pendaftaran dan pengumpulan video pada tanggal 18 April hingga 10 Mei 2024. Video-video tersebut dinilai oleh dewan juri pada tanggal 11-13 Mei 2024.

Balqis Florata De Manasa masuk dalam 10 nomine berdasarkan Surat Keputusan Kepala Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Tengah Nomor: 2682/B7.3/KM.01.02/2024. Para nomine kemudian mengikuti penilaian final secara luring untuk menentukan juara 1, 2, 3, dan peserta favorit di gedung BBGP Provinsi Jawa Tengah, Selasa (21/5/2024).

Setelah mengikuti penilaian final secara luring, Balqis Florata De Manasa berhasil meraih juara 1 kategori lomba bercerita tingkat SD se-Jawa Tengah. Ia membawakan cerita dengan judul “Dido yang Baik Hati”.

Baca juga, Muhammadiyah: Iduladha 2024 Jatuh pada 17 Juni

Prestasi ini tentunya sangat membanggakan bagi pihak sekolah. Dwi Hati Syukur Lestari, selaku penanggung jawab lomba dan olimpiade SD Muhammadiyah PK Kottabarat, mengaku bersyukur atas capaian muridnya tersebut.

“Dalam lomba ini kami mengirimkan empat peserta. Dua peserta berhasil masuk nominasi, dan Balqis meraih juara 1. Kami sangat bangga dan bersyukur bahwa kerja keras yang dilakukan anak-anak menuai hasil optimal,” ujar Dwi.

Ia juga berpesan kepada muridnya yang belum berhasil untuk tidak berkecil hati. “Harapannya, lomba ini menjadi pengalaman berharga untuk mengikuti lomba kembali di tahun mendatang,” tambahnya.

Menurut petunjuk teknis lomba, video peserta dinilai berdasarkan kreativitas, ekspresi, intonasi, dan pemahaman cerita. Balqis berhasil memukau juri dengan penampilannya yang memikat dan penuh ekspresi.

Festival Insan Pendidikan merupakan ajang bergengsi yang diikuti oleh pelajar dan pendidik se-Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi siswa dalam bidang seni dan budaya, serta mempererat tali silaturahmi antar pelajar di provinsi ini.

Prestasi yang diraih Balqis tidak hanya membanggakan SD Muhammadiyah PK Kottabarat, tetapi juga menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk terus berprestasi dan mengembangkan bakat mereka.

Dengan kemenangan ini, Balqis telah membuktikan bahwa usaha dan kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil. Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi seluruh siswa untuk terus berjuang dan meraih impian mereka.

Kontributor : M Arifin
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE