Berita

Hasil Survei Kepuasan Muzaki Lazismu 2023: Sangat Baik!

PWMJATENG.COM, JakartaĀ ā€“Ā Ā Lazismu memberikan gebrakan dengan menggelar Survei Kepuasan Muzaki dan Penerima Manfaat Lazismu 2023, membuka tabir kepuasan dan harapan mereka. Ziska Talk, sebuah diskusi penting, digelar untuk memaparkan hasil survei ini pada Rabu (31/1) melalui Aplikasi Zoom Meeting dan kanal Youtube Lazismu Pusat.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah, Nuryadi Wijihardjono, mengapresiasi upaya tim R&D Lazismu Pusat dalam menggelar survei kepuasan Muzaki dan penerima manfaat. Tingkat kepuasan terhadap layanan Lazismu harus diukur dengan baik, dan tuntutannya tinggi. “Hasil survei harus terus meningkat setiap tahunnya,” ujarnya.

Nuryadi menyatakan bahwa partisipasi seluruh pimpinan Lazismu, baik di tingkat wilayah, daerah, maupun kantor layanan, sangat dibutuhkan dalam kegiatan ini. “Kegiatan ini penting untuk mengevaluasi tingkat kepuasan terhadap Lazismu dengan segala programnya. Hasil survei ini mencerminkan kerja keras kita semua,” tambahnya.

Lebih lanjut, Nuryadi berharap jika ada layanan yang sudah baik, perlu dipertahankan, sementara layanan yang kurang baik harus ditingkatkan.

“Semoga di akhir acara nanti, kita dapat sepakat di setiap wilayah ada yang bertanggung jawab untuk melakukan riset, karena survei ini harus dilakukan setiap tahun,” tuturnya.

Hasil Survei Kepuasan Muzaki Lazismu 2023, yang disampaikan oleh Mariska Salekhah Rahman dari tim R&D Lazismu Pusat, menunjukkan angka 84,44% atau sangat baik. Beberapa rekomendasi muncul, seperti peningkatan kapasitas pengetahuan amil tentang ZISKA, perbaikan informasi terkait penyaluran ZISKA, dan pemenuhan kebutuhan dasar Muzaki seperti ucapan terima kasih, kuitansi, dan laporan penggunaan dana.

Baca juga, Sejak Kapan Wujudul Hilal Meninggalkan Nash?

Mariska menyoroti pentingnya memelihara komunikasi baik dengan Muzaki, serta memberikan ucapan istimewa. Selain itu, bukti setor zakat dan kuitansi tanda terima dari Lazismu menjadi fokus perhatian, bersama dengan perluasan jangkauan penghimpunan dan ZISKA melalui media sosial untuk menciptakan budaya berderma di kalangan generasi muda.

Sementara itu, Hasil Survei Kepuasan Penerima Manfaat Lazismu 2023, disampaikan oleh Sita Rahmi BS sebagai Manajer R&D Lazismu Pusat, mencapai angka 89% atau sangat baik. Beberapa rekomendasi termasuk penyusunan SOP waktu tunggu pencairan bantuan, integrasi sistem program untuk pemantauan real-time, dan pelatihan mengenai penanganan komplain dan pemecahan masalah.

Pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan responsivitas dan empati staf program serta memberikan sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan secara online. Rekomendasi juga mencakup pemetaan saran sebagai dasar perbaikan program dan sosialisasi kualifikasi penerima manfaat sesuai syariat.

Dengan hasil survei ini, Lazismu berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanannya demi memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat yang membutuhkan.

Editor :Ā M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE