AUMBerita

Hadirkan Pendongeng Keren, Halalbihalal SD Muhammadiyah PK Kottabarat Dipenuhi Hikmah

PWMJATENG.COM, Surakarta¬†‚ÄstHadirnya pendongeng keren dalam kegiatan halalbihalal di SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo mengundang keceriaan bagi 451 murid yang turut serta dalam acara tersebut. Kegiatan yang dihelat di Masjid Kottabarat, Kota Solo, Rabu (17/4/2024), tidak hanya memberikan nuansa keceriaan tapi juga sarat makna mendalam bagi para peserta.

Muhammad Amin, atau akrab disapa Kak Amin, menjadi sorotan utama dalam kegiatan tersebut. Pendongeng handal ini berhasil memberi warna dan semangat baru dalam suasana halalbihalal, tanpa mengurangi esensi dan tujuan dari kegiatan yang digelar oleh SD Muh PK Kottabarat Solo.

“Tema ‘Dengan Spirit Kemenangan, Tingkatkan Prestasi di Masa Depan’ benar-benar menginspirasi para murid untuk meraih prestasi lebih tinggi,” ujar Kepala Urusan Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (Ismuba), Tati Kuraesin, dalam keterangannya.

Kegiatan halalbihalal ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Ramadan 1445 Hijriah. Tati menekankan bahwa kegiatan seperti halalbihalal bukan hanya sekadar tradisi pasca lebaran Idulfitri, melainkan sebuah upaya untuk meningkatkan nilai-nilai religius dan spiritualitas di kalangan murid.

Baca juga, Timteng Membara Pasca Iran Gempur Israel, Ini Tanggapan Muhammadiyah!

Dalam kegiatan tersebut, Kak Amin tidak hanya membawakan dongeng yang menghibur tapi juga memberikan pesan moral yang sangat bermakna. Melalui dongengnya, para murid diajak untuk merenungkan pentingnya berbakti kepada orang tua dan akibat dari sikap durhaka.

Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan doorprize yang berhasil meningkatkan semangat dan antusiasme para murid. Mereka berlomba-lomba menjawab pertanyaan dari Kak Amin dengan penuh semangat.

Salah satu murid kelas III, Azka Al Zabran Kusmadhiyah, mengungkapkan kegembiraannya atas kegiatan halalbihalal ini. Dia menyebut Kak Amin sangat lucu dan seru dalam menyampaikan dongengnya, yang diselingi dengan nyanyian tentang sifat-sifat Allah Swt. dan Nabi Muhammad saw.

Sementara itu, sesi kedua kegiatan halalbihalal diikuti oleh kelas IV, V, dan VI. Kak Amin membawakan materi tentang kunci surga yang tercantum dalam Al-Qur’an surat Al Isra ayat 23-25, serta pesan-pesan berharga dari Imam Al Ghazali tentang kehidupan yang penuh makna.

Acara ditutup dengan pemberian hadiah lomba Ramadan 1445 Hijriah dan penghargaan kepada murid yang telah mengisi kuliah tujuh menit (kultum) selama bulan Ramadan. Suasana haru terlihat saat para murid saling bersalaman dan meminta maaf kepada guru, menandakan kesuksesan dan kehangatan dalam acara tersebut.

Kontributor : Nikmah Hidayati
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE