BeritaPWM Jateng

Hadiri Munas LPPM, Bendahara PWM Jateng Dorong LPPM dalam Akselerasi Misi Besar Muhammadiyah

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Bendahara PWM Jawa Tengah yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Prof. Dr. H. Sofyan Anif, M.Si. hadir dan memberikan sambutan pada Gala Dinner dalam Serangkaian Musyawarah Nasional (Munas) Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) di Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Prof. Dr. H. Sofyan Anif, M.Si. menyampaikan bahwa Gala Dinner ini menjadi momentum silaturahmi sekaligus momentum strategis, karena kegiatan ini menjadi sarana atau media dakwah dalam mengembangkan Persyarikatan.

“Dalam Munas ke-1 ini, selain akan melahirkan pengurus selanjutnya, juga silaturahmi dan sharing berbagai pengalaman di masing-masing Perguruan Tinggi,” ujar Sofyan, Senin, (17/7) malam lalu.

Salah satu hasil Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48 yang dilaksanakan di UMS, telah menghasilkan beberapa keputusan, salah satunya Risalah Islam Berkemajuan.

Menurut Bendahara PWM Jawa Tengah ini Islam berkemajuan dalam konteks peran LPPM tentu memiliki posisi dan strategi yang bagus sekali. Semangat Risalah Islam Berkemajuan dapat membangkitkan kembali, menjadi semangat pembaharuan di samping purifikasi Muhammadiyah.

“Maka semangat ini kita jadikan modal untuk membangun bangsa ini. Sehingga Muhammadiyah memiliki Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) pada bidang Pendidikan yang keren, di samping bidang kesehatan dan lain sebagainya dalam rangka membangun masyarakat Islam yang sebenar-benarnya,” paparnya.

Baca juga, Zakat Profesi Jangan Diingkari

Selain itu, menurutnya, Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin menjadi akselerasi misi besar Muhammadiyah. Pada bidang pendidikan harus memiliki terobosan yang tidak hanya memperkuat kualitas lembaga pendidikan, tetapi mempercepat atau mengakselerasi sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

“PTMA harus menjadi fasilitator pada semua aktivitas dalam rangka pengembangan Persyarikatan Muhammadiyah,” tegasnya.

Ketua Panitia MUNAS konsorsium LPPM PTMA Prof. Ir. Sarjito, M.T., Ph.D. mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi antar PTMA.

“Selain itu, ini menjadi penting untuk melakukan kolaborasi dan kontribusi dalam rangka meningkatkan kualitas kerja PT Muhammadiyah, dengan hasil luaran data memberikan rekomendasi kepada Dikti PP Muhammadiyah sebagai acuan dalam perkembangan perguruan tinggi dan dengan adanya munas ini akan memberikan dampak positif dalam peningkatan prestasi dan kualitas PT Muhammadiyah,” paparnya.

Salah satu peserta dari Universitas Muhammadiyah Sorong, Dr. Muhammad Syahrul Kahar S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa dampak dari Konsorsium ini sangat besar terhadap institusi, utamanya dalam bidang riset, pengabdian dan publikasi.

“Terutama dalam membangun sumber daya di Indonesia Timur, ini sangat membantu kami. Dengan bergabung dengan Konsorsium, memang banyak potensi yang bisa dikolaborasikan. Contohnya UM Sorong berkolaborasi dengan PTMA yang berada di Jawa, Sulawesi dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Bergabungnya UM Sorong, sebagai bagian dari AUM, akan memperkaya wawasan, sekaligus menjadi pembelajaran. Terutama dalam membangun Papua yang lebih berkualitas.

“Konsorsium bagi kami memberikan wadah untuk sama-sama belajar, walaupun berasal dari berbagai daerah di Indonesia tetapi komunikasi tetap terjaga, sehingga dapat bersinergi dalam konsorsium ini,” paparnya.

Dalam akhir sambutannya, perwakilan dari UM Sorong menyampaikan terima kasihnya pada UMS atas sambutan dan jamuan makan malamnya.

Dalam gala dinner Munas ke-1 ini, semakin meriah dengan hadirnya hiburan orgen tunggal, sehingga peserta dan tuan rumah dapat menyumbangkan lagu untuk menemani makan malam pada jamuan Konsorsium LPPM PTMA ke-1.

Kontributor : Fika/Humas
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE