BeritaKabar Daerah

Fathin Hammam Ajak Warga Margasari Bersyukur dan Berbuat Ihsan di Hari Bermuhammadiyah

PWMJATENG.COM, Tegal – Warga Muhammadiyah Cabang Margasari merayakan Hari Bermuhammadiyah dengan penuh semangat di Masjid Al-Furqon Margasari. Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat, termasuk Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tegal, Fathin Hammam, yang memberikan sambutan dan nasihat berharga, Ahad (26/5).

Dalam sambutannya, Fathin Hammam mengingatkan pentingnya rasa syukur dalam setiap langkah perjuangan di Muhammadiyah. Ia menekankan bahwa meskipun menghadapi berbagai tantangan, setiap anggota Muhammadiyah harus tetap bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk terus berjuang. H. Fathin juga menyoroti pentingnya bulan Dzulqodah, salah satu bulan haji dan bulan haram, sebagaimana disebutkan dalam QS. At-Taubah: 36.

“Bulan haram adalah empat bulan yang dimuliakan dalam Islam, di mana Allah memerintahkan umat-Nya untuk tidak berbuat dosa. Perintah ini harus menjadi pegangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terutama di bulan-bulan yang dimuliakan tersebut,” ujar Fathin.

Ia menambahkan bahwa dengan berpegang pada ajaran agama, umat akan terdorong untuk selalu berbuat ihsan, yaitu berbuat kebaikan dan menunjukkan sikap terbaik dalam setiap tindakan.

Fathin juga mengingatkan bahwa Muhammadiyah memiliki peran penting dalam mengajak umat menuju ihsan. “Menjadi bagian dari Muhammadiyah haruslah menjadi sumber kegembiraan. Anggota harus berusaha untuk tidak larut dalam kekurangan diri. Sikap bersyukur harus terus dikedepankan, tanpa banyak membandingkan diri dengan orang lain, mengeluh, atau mengkhawatirkan masa depan secara berlebihan,” tegasnya. Ia juga menekankan pentingnya untuk tidak terlalu tenggelam dalam kenangan masa lalu.

Baca juga, Muhammadiyah: Iduladha 2024 Jatuh pada 17 Juni

Acara Hari Bermuhammadiyah di Cabang Margasari berlangsung dengan penuh antusiasme. Diharapkan, acara ini dapat memperkuat semangat keislaman serta kebersamaan di antara anggota Muhammadiyah. Pesan-pesan yang disampaikan oleh H. Fathin Hammam diharapkan dapat memotivasi seluruh peserta untuk menjalani kehidupan dengan rasa syukur dan semangat ihsan, sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan oleh Muhammadiyah.

Seorang peserta, Aisyah Nuraini, menyatakan, “Nasihat H. Fathin sangat menginspirasi. Kami diingatkan untuk selalu bersyukur dan berbuat baik dalam setiap kesempatan.”

Dengan suksesnya acara ini, diharapkan semangat bersyukur dan berbuat ihsan terus menyala di hati para anggota Muhammadiyah. “Kami ingin membentuk generasi yang tidak hanya unggul dalam ilmu agama, tetapi juga mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” tambah H. Fathin Hammam.

Hari Bermuhammadiyah di Margasari menjadi momen penting untuk memperkuat ikatan keagamaan dan kebersamaan. Acara ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi cabang-cabang Muhammadiyah lainnya dalam menggelar kegiatan yang menginspirasi dan memotivasi anggota untuk terus berbuat kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE