Gandeng MPI, SD Aisyiyah Slawi Terapkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Jurnalistik Dasar

PWMJATENG.COM, Slawi– Pendidikan karakter bertujuan untuk menanamkan nilai dalam diri siswa dan pembaharuan tata kehidupan bersama yang lebih menghargai kebebasan individu. Untuk menanamkan karakter tersebut melalui budaya membaca dan menulis harus dimulai dari para siswa terlebih dahulu karena agar budaya membaca dan menulis itu terbentuk dalam karakter siswa. Oleh karena itu seorang siswa harus memiliki kemampuan membaca dan menulis yang baik. Kegiatan ini diadakan pada 10/8/2018 bertempat di Taman Pustaka Muhammadiyah Kab Tegal Jawa Tengah.

Menurut Wahyu selaku kepala SD Aisyiyah Slawi menjelaskan , “ Melalui kegiatan Outing Class SD Aisyiyah Slawi giatkan pelatihan jurnalistik dan pendidikan karakter melalui membaca buku. Para siswa dengan penuh semangat menanya dan menjawab, Ada juga yang secara langsung mempraktikan layaknya menjadi seorang Reporter TV, ada yang mensyuting narasumber. Dan memawawancarai orang tuanya sendiri. Kegiatan ini secara langsung di bina oleh Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab Tegal. “ Jelasnya.

BACA JUGA  PD NA Kota Pekalongan Gelar Pengobatan Gratis Gebyar Musywil NA

“Membaca dan menulis dapat diibaratkan seperti kakak dan adik . Dalam hal ini pendidikan jurnalistik dasar menjadi penting bagi siswa untuk memicu budaya membaca dan menulis. Melalui pendidikan jurnalistik, para siswa mempunyai tuntutan menulis. Selain itu, juga dapat memotivasi para siswa agar terbiasa menulis dan membaca. Hasil dari kegiatan ini akan ada tindak lanjut yaitu penerbitana Majalah Sekolah SD Aisyiyah Slawi. “ Tambahnya.

Selain itu Hendra Apriyadi, M.Pd selaku ketua MPI PDM Kab Tegal mengapresiasi atas kegiatan yang layak ditiru oleh sekolah sekolah Dasar Aisyiyah lainya . Bahwa melalui kegiatan ini siswa dapat mengetahui pentingnya budaya menulis dan membaca. Para siswa dengan semangat belajar dan mempraktikan secara langsung menulis laporan berita melalui pertanyaan yang dibuat terdahulu oleh siswa dan menayakan layaknya seorang wartawan. “ Saya selaku ketua Majelis Putaka dan Informasi memberikan apresiasi atas program SD Aisyiyah Slawi. “ Semoga terus belajar dan berkarya.

BACA JUGA  'Aisyiyah Tingkatkan Literasi Digital Guru TK ABA Salatiga

Ketua PDA Kab Tegal memberikan acungan jempol kepada Ketua MPI PDM Kab Tegal atas gerakkanya yang super semangat dan apa yang di ajarkan ketua MPI sejalan apa yang di programkan oleh Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Kab Tegal yaitu mengembangkan potensi literet khususnya dunia literasi untuk anak anak
“Ungkap Sri Purwaningsih.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts