FMIPA Unimus Gelar Workshop Asessment Abad 21

0
64
FMIPA Unimus Gelar workshop asessment Abad 21

PWMJATENG.COM, SEMARANG – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) selenggarakan kegiatan Workshop Asessment Abad 21, Selasa (23/11).

Kegiatan tersebut merupakan serangkaian dari pelatihan membuat assessment dan penyusunan rubik penilaiaan bagi para peserta. Workshop ini di ikuti oleh 96 guru sekolah se-Jawa Tengah baik SD, SMP, maupun SMA.

Acara tersebut menghadirkan dua pemateri yakni Dr. Eny Winaryati, M.Pd sebagai pemateri mengenai “Penilaian dan evaluasi pembelajaran dimasa pandemi” kemudian Dr. Rochdi Wasono, M.Si sebagai pemateri “Olah data penelitian pendidikan dengan software statistik”. Setelah kelas besar kemudian dilanjutkan pelatihan pada kelas kelas kecil. Peserta dibagi menjadi 5 kelas yang dibimbing oleh dosen dari fakultas mipa dan pendidikan bahasa inggris.

Dekan FMIPA Unimus, Dr. Eny Winaryati, M.Pd sekaligus pemateri dalam kegiatan ini menuturkan “Dengan adanya pembelajaran abad 21 maka perlu adanya penilaian abad 21, penilaian ini menjadi sebuah tuntutan. Maka kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi guru agar bisa membuat assessment dan melakukan penilaian sesuai dengan kebutuhan abad 21 yang memenuhi 6 jenis penilaian yakni portofilio, peer acessment, self acessment, student respons system, penilaian berbasis kinerja, dan rubrik“ tandasnya.

FMIPA Unimus Gelar workshop asessment Abad 21
Peserta zoom

Selain dibimbing untuk membuat rubrik untuk penilaian PBA, SRS, portfolio, jurnal reflektif harapannya setelah worshop ini peserta juga dapat membuat aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian di sekolah masing-masing.