BeritaTokoh

Empat Kriteria Pemimpin Ideal Menurut Dahlan Rais

PWMJATENG.COM, Surakarta – Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum., menyampaikan tausiyah pada pengajian bertema “Sikap dan Langkah Umat Islam di Tahun Politik” di Balai Muhammadiyah Solo, Jumat (26/1/2024). Acara ini berhasil menarik perhatian ratusan warga Muhammadiyah.

Dalam tausiyahnya, Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum mendorong jamaah untuk mengambil sikap yang jelas dan tegas. “Langkah kita harus gagah, teratur, bergerak sesuai aturan yang ada untuk mencapai harapan bersama di tahun politik ini,” ungkapnya.

Ketua PP Muhammadiyah mengingatkan pentingnya tidak golput di tahun politik ini, terutama dalam pemilihan presiden, wakil presiden, dan anggota legislatif di tingkat pusat hingga daerah. “Keadaan bangsa saat ini tidak dalam kondisi yang baik dan jauh dari cita-cita,” jelasnya.

Baca juga, Jadi Unggulan Nasional, Masjid At Taqwa Muhammadiyah Jateng Akan Dilaunching Besok!

Ia menegaskan bahwa setiap orang memiliki tanggung jawab untuk mengambil sikap dan langkah di tahun politik ini. Undang-undang dan peraturan, menurutnya, semakin menjauh dari cita-cita berdirinya Republik Indonesia. Kemandirian semakin terancam, dan ketergantungan pada negara asing semakin nyata.

“Kita memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan. Bukan hanya orang baik, tetapi seseorang yang mampu memimpin,” tegasnya.

Dalam penutup tausiyah, Ketua PWM Jawa Tengah Periode 2000-2005 ini menguraikan kriteria seorang pemimpin yang ideal. Pertama, seorang pemimpin harus menjadi teladan dan jujur. “Pemimpin harus siap menjadi contoh yang baik,” katanya, mengacu pada falsafah keteladanan yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantoro. Kedua, kejujuran merupakan nilai krusial bagi seorang pemimpin, karena membawa kebaikan dan kebaikan membawa ke surga. Selanjutnya, ketiga, seorang pemimpin harus cerdas. Terakhir, keempat, seorang pemimpin harus sehat secara jasmani dan rohani.

Kontributor : Aryanto
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE