AUMBerita

Eksplorasi Serangga dan Aksi Bersih Sampah di Pangandaran: Mahasiswa UMS Guncang Alam dengan Inisiatif Lingkungan yang Sensasional!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) baru saja melakukan aksi luar biasa di Cagar Alam Pangandaran! Dalam kegiatan tiga hari penuh antara 13-15 November 2023, mereka tidak hanya mengeksplorasi keanekaragaman serangga, tetapi juga menyelenggarakan aksi bersih sampah di Pantai Pangandaran. Keberanian dan kepedulian mereka terhadap lingkungan menciptakan dampak positif bagi pelestarian alam.

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan, Dr. Triastuti Rahayu, S.Si., M.Si., dengan penuh semangat menjelaskan tujuan di balik kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan tersebut bukan sekadar eksplorasi, tetapi juga sebagai upaya untuk memberikan kontribusi positif kepada Cagar Alam Pangandaran dan sekaligus meningkatkan pemahaman mahasiswa dan masyarakat tentang peran serangga dalam ekosistem alam.

“Kami sadar akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan. Dengan kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif kepada Cagar Alam Pangandaran dan sekaligus mengedukasi mahasiswa dan masyarakat sekitar,” ujar Triastuti.

Dalam eksplorasi tersebut, 77 mahasiswa dan tujuh dosen pembimbing dari Prodi Pendidikan Biologi UMS mengamati dan mendokumentasikan berbagai jenis serangga di ekosistem padang rumput dan hutan tropis Cagar Alam Pangandaran. Melalui pengamatan langsung, mereka berhasil menggali kekayaan hayati dan kehidupan biota yang menakjubkan.

Namun, tidak hanya berhenti pada eksplorasi serangga, Tim Pendidikan Biologi UMS juga memberikan dampak positif melalui aksi bersih sampah. Mereka membersihkan area Cagar Alam Pangandaran dan Pantai Pangandaran dari sampah anorganik, terutama plastik. Sampah yang berhasil dikumpulkan kemudian dibuang dengan benar, sesuai aturan pembuangan sampah anorganik.

Baca juga, Tanya Jawab Tarjih: Akidah Muhammadiyah (1)

Selain itu, mahasiswa juga aktif memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan alam. Mereka berinteraksi dengan pengunjung cagar alam, memberikan informasi mengenai keanekaragaman hayati di area tersebut, dan menyebarkan kesadaran akan perlunya pelestarian alam.

Kepala Resort Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Pangandaran, Kusnadi, S.P., memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat baik untuk mendidik mahasiswa tentang konservasi dan pengembangan riset potensi sumber daya alam (SDA) di Pangandaran.

“Kegiatan ini sangat baik untuk pendidikan kepada mahasiswa tentang konservasi dan pengembangan riset potensi sumber daya alam (SDA) di Pangandaran,” ucap Kusnadi.

Melalui inisiatif luar biasa ini, mahasiswa Pendidikan Biologi UMS tidak hanya menjalankan tugas akademis mereka, tetapi juga secara aktif berperan dalam menjaga keberlanjutan ekosistem alam. Semangat pelestarian alam yang ditunjukkan oleh mahasiswa ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk lebih peduli terhadap pelestarian lingkungan dan melibatkan mahasiswa dalam upaya ini.

Kontributor : Maysali
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE