BeritaKabar DaerahTokoh

Duka Mendalam! Mantan Ketua PDM Muhammadiyah Kendal Tutup Usia, Kenang Jejaknya yang Meninggalkan Inspirasi

PWMJATENG.COM, Kendal – Mantan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal, Abdullah Sachur (65), meninggal dunia pada Jum’at malam (9/2/2024) di RS PKU Aisyiyah Kendal karena sakit. Kepergiannya meninggalkan kesan mendalam di kalangan Muhammadiyah Kendal, khususnya Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), yang merasakan dampak positif dari dedikasinya terhadap organisasi.

Abdullah Sachur, sebagai tokoh Muhammadiyah Kendal, telah lama berjuang dalam dakwah Islam melalui persyarikatan. Sejak Muhammadiyah berdiri di Kendal pada tahun 1967, dia aktif bersama tokoh lain dalam memperkuat organisasi. Sebelum meninggal, dia memegang berbagai posisi di PDM Kendal, termasuk sebagai Wakil Ketua dan Koordinator Bidang Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) serta Majelis Pustaka dan Informasi (MPI).

Abdullah Sachur juga dikenal sebagai inisiator dan pendiri Padepokan Latihan Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) Masjid Al Ittiba’ Truko, Kangkung, yang menjadi salah satu wujud nyata kontribusinya dalam membangun komunitas Muhammadiyah Kendal.

Dalam mengenang sosoknya, Wakil Ketua PDM Kendal, M. Ali Satiran, menyatakan, “Kehilangan Abdullah Sachur adalah kehilangan besar bagi Muhammadiyah Kendal. Dia adalah tokoh andal yang berperan penting dalam mengembangkan Muhammadiyah di Kabupaten Kendal.”

Baca juga, Tak Kenal Libur, Muhammadiyah Jateng Terjunkan Relawan ke Grobogan dan Demak

Pada upacara pemberangkatan jenazah, Sabtu (10/2/2024), Ali Satiran juga menekankan bahwa Abdullah Sachur selalu menegakkan aturan organisasi Muhammadiyah. Meskipun dalam kondisi sakit, dia tetap memberi semangat kepada PDM Kendal untuk tetap mematuhi syariat dan aturan yang berlaku.

Sementara itu, Ketua PDPM Kendal periode 2015-2019, Akhmad Sulkhan, mengungkapkan bahwa Abdullah Sachur dikenal sebagai sosok yang disiplin, terutama dalam menjalankan ibadah salat berjamaah. Bahkan dalam kondisi sakit, dia masih melaksanakan salat subuh berjamaah di masjid dengan kursi roda, menunjukkan keteguhan dan keikhlasan dalam beribadah.

Abdullah Sachur juga dikenal sebagai motivator bagi AMM untuk mencintai masjid dan berkontribusi dalam memakmurkannya dengan kegiatan positif. Pesan terakhirnya kepada generasi muda Muhammadiyah adalah untuk selalu menjaga dan mencintai masjid sebagai wujud nyata dari kecintaan kepada agama.

Turut berduka cita, Ketua PDM Kendal, KH Ikhsan Intizam, dan seluruh jajaran PDM Kendal, yang juga menghargai jasa dan dedikasi Abdullah Sachur dalam memperkuat Muhammadiyah Kendal.

Kontributor : Abdul Ghofur
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE