Dahlan Rais : Sabar, Shalat dan Shadaqah Menjadi Kunci Hadapi Pandemi

Dahlan Rais : Sabar, Shalat dan Shadaqah Menjadi Kunci Hadapi Pandemi
Dahlan Rais : Sabar, Shalat dan Shadaqah Menjadi Kunci Hadapi Pandemi

PWMJATENG.COM, SOLO -Pandemi Covid-19 yang melanda dunia terkhusus Indonesia menjadi sebuah persoalan bagi semua lapisan masyarakat, kenaikan kasus yang semakin tinggi semakin memperparah kondisi Indonesia. Sebagai kaum muslimin dalam menghadapi ujian itu, Dr. Achmad Dahlan Rais mengajak untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan cara sabar, salat dan shodaqah.

Ketua PP Muhammadiyah itu menegaskan dalam tausiyahnya pada kegiatan Qiyamul Lail dan Do’a bersama yang diadakan BPSDM UMS pada Jum’at dinihari, 16 Juni 2021 melalui platform Zoom.

Ia mengungkapkan, dalam menghadapi persoalan saat ini terutama Pandemi Covid-19 yang semakin tinggi, perlu adanya kesadaran umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah, Bermunajat kepada Allah, berdzikir dan memohon kepadanya agar segera dikeluarkan dari masalah ini.

BACA JUGA  Ramadhan Bulan Penyucian Harta

Sabar, Shalat dan Shadaqah menjadi salah satu jalan dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Apabila itu dilakukan insyaallah akan mengurangi beban yang sangat tinggi,” ujar Dahlan Rais

Ia juga mencontohkan bagaimana para nabi dalam menyikapi persoalan yang sungguh berat itu dalam hidupnya. Seperti Nabi Ayyub yang diuji oleh Allah dengan penyakit kulit, Nabi Musa yang menghadapi Bani Israil. Ia bahkan juga mencontohkan bagaimana KH Ahmad Dahlan dalam memperjuangkan ajaran agama Islam.

Dengan sabar dan salat lah mereka para pendahulu umat Islam dapat keluar dari persoalan sebagai pemenang. Nabi Ayyub dapat pulih dari sakitnya, Ibrahim dikaruniai buah hati yang juga merupakan seorang nabi.

BACA JUGA  Lima Prinsip Pembelajaran dan Asesmen Sekolah Penggerak

Dahlan Rais juga mengutip salah satu tinjauan kedokteran terhadap kejiwaan orang yang bersedekah, “Ternyata sedekah mampu menumbuhkan dan memperkuat imunitas kita,” ujar Ketua PP Muhammadiyah itu.

Diakhir penyampaiannya ia berpesan, dalam kondisi yang sekarang ini, selayaknya perlu dikuatkan kedekatan kepada Allah dan juga saling tolong-menolong antar sesama. (Atta/Humas)

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts