AUMBerita

Capping Day UNIMMA: Persiapkan Mahasiswa Keperawatan dengan Karakter Islami dan Jiwa Caring!

PWMJATENG.COM, Magelang¬†‚ÄstFakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) sukses menggelar acara Capping Day (Ucap Janji) bagi mahasiswa D3 Keperawatan dan S1 Ilmu Keperawatan Tahun Akademik 2023/2024. Acara tahunan yang sangat dinantikan ini merupakan seremoni penting untuk mempersiapkan mahasiswa yang akan menjalani praktik lapangan. Dengan tema “Menguatkan Karakter Islami, Berfikir Kritis dan Berjiwa Caring”, acara dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 pada Sabtu (7/6).

Sebanyak 88 mahasiswa semester dua, yang terdiri dari 47 peserta dari D3 dan 41 peserta dari S1, mengucapkan janji dan disematkan ID card mahasiswa oleh Dekan Fikes UNIMMA. Seluruh mahasiswa ini akan diterjunkan ke beberapa rumah sakit, antara lain RSUD Tidar, RSUD Merah Putih, RSUD Muntilan, RS Harapan, PKU Muhammadiyah Temanggung, dan PKU Muhammadiyah Grabag.

Dekan Fikes, Heni Setyowati Esti Rahayu, dalam laporannya menyatakan bahwa sebelum mahasiswa mengucap janji, mereka telah melalui pembekalan yang menyeluruh. “Pembekalan ini memastikan mahasiswa benar-benar siap dalam menghadapi praktik lapangan baik dari aspek mental, keilmuan, dan keterampilannya. Meski sudah kuliah satu semester lebih, mereka tetap memerlukan pembekalan yang meliputi pembinaan sikap dan mental karena pasien sebagai subyek pelayanan harus diperlakukan dengan baik. Ini bertujuan agar tidak memperberat penyakit pasien tetapi justru membantu menyembuhkan,” tuturnya.

Tema kegiatan ini selaras dengan visi fakultas dan program studi masing-masing. “Menguatkan karakter Islami berarti menerapkan sikap-sikap Islami dalam berinteraksi atau memberikan perawatan kepada pasien. Berpikir kritis diperlukan untuk mengkaji apa yang terjadi pada pasien dengan ilmu yang telah didapat. Dan yang terakhir, berjiwa caring kami harapkan dapat membentuk mahasiswa yang peduli, empati, melayani, dan memiliki atribut softskill lainnya,” jelas Heni.

Baca juga, Iduladha Berbeda Lagi! Ini Penjelasan Muhammadiyah Terkait Perbedaan dengan Arab Saudi

Rektor UNIMMA, Lilik Andriyani, dalam sambutannya menyatakan bahwa UNIMMA dan khususnya Fikes terus berusaha meningkatkan mutu standar pembelajaran. “Standar mutunya adalah unggul, yang tidak hanya sekadar unggul saja tetapi dimaknai dengan adanya peningkatan perbaikan layanan dari sisi akademik dan non-akademik,” ujarnya.

Acara Ucap Janji juga dihadiri oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota dan Kabupaten Magelang, Direktur dan Clinical Instructor (CI) dari rumah sakit mitra, serta wali mahasiswa. Dalam kesempatan tersebut, diberikan penghargaan kepada tiga mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di masing-masing program studi.

Capping Day ini bukan hanya menjadi ajang seremoni, tetapi juga momentum penting bagi mahasiswa keperawatan untuk memulai perjalanan praktik lapangan dengan semangat dan komitmen tinggi. Dengan pembekalan yang matang, mereka diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang tidak hanya profesional tetapi juga penuh dengan nilai-nilai Islami, empati, dan kepekaan sosial. Melalui acara ini, UNIMMA membuktikan komitmennya dalam mencetak tenaga kesehatan yang unggul dan berintegritas tinggi.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE