AUMBerita

Berlaga di Ajang Internasional, Mahasiswa UNIMMA Berhasil Raih Juara

PWMJATENG.COM, Magelang – Setelah melalui beberapa tahap penilaian, tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) berhasil meraih juara 2 pada the 3rd ASEAN International Student Competition (AISC) dalam kategori profit oriented. Gelaran final dilaksanakan di Universitas Kuala Lumpur (UniKL) Malaysia pada Selasa sampai dengan Rabu (10-11/10).

Tim diketuai oleh Sri Rochmayanti, mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan anggota Lia Nur Rahmawati dari prodi yang sama, serta Defa Ajeng Wardani, mahasiswa prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Devita Mayang Saraswati dan Afriyani Shintawati dari prodi Ilmu Keperawatan. Mengusung nama Verde Society, tim berinovasi untuk membuat kulit biomaterials yang memanfaatkan limbah air kelapa dan bakteri selulosa.

“Jadi kita lebih ke biomaterials dari coconut waste, dari limbah air kelapa yang sudah tua kita lakukan fermentasi selama tiga minggu, lalu dijemur sampai kering, setelah itu untuk produk akhirnya kemarin kita bikin card holder,” jelasnya.

Mahasiswa semester akhir ini mengaku bangga dapat mengikuti kompetisi tingkat internasional.

Baca juga, Manhaj Tarjih Muhammadiyah; Manhaj Ijtihad Hukum

“Merupakan kebanggaan ketika bisa mengikuti lomba internasional, bisa bertemu dengan teman-teman mahasiswa dari berbagai negara lain. Kebanggaan ini bertambah dengan rasa gembira ketika mendapat pengumuman bahwa kelompok kami, Verde Society mendapat juara 2 lomba AISC kategori profit,” tuturnya.

Sementara itu, Ajeng mewakili tim berpesan kepada teman mahasiswa UNIMMA untuk tidak takut mengikuti lomba, terutama demi menambah pengalaman. “Jangan takut gagal karena gagal merupakan awal dari keberhasilan. Bila kamu berhenti berusaha di saat 100 kali percobaan, bisa jadi ternyata keberhasilan diberikan kepadamu di usaha yang ke 101 kali,” ujarnya.

Selain menjadi juara 2, tim Verde Society juga dinobatkan sebagai Best Youth Entrepreneurship dan juga Best Outstanding Pitching.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.