AUMBerita

Belajar Sambil Bermain, Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Field Trip di Agrowisata Amanah

PWMJATENG.COM, Surakarta – Mengusung tema “Lebih Dekat Mengenal Kearifan Lokal” sejumlah 84 murid kelas I SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan field trip di Agrowisata Amanah, Karangpandan, Karanganyar, Kamis (19/10/2023).

Lusia Wahyu Purbowati, selaku guru kelas I, kegiatan field trip merupakan bagian integral kurikulum sekolah dan dirancang sesuai tema pembelajaran di kelas. Tujuan utama adalah supaya murid memperoleh pengalaman dan praktik belajar secara langsung.

“Dengan kegiatan field trip murid diajak untuk berpikir kreatif, memiliki pengalaman baru, serta dapat melihat dan mengetahui permasalahan secara langsung. Keseruan dalam kegiatan field trip ini adalah ketika murid bisa belajar sambil bermain, sehingga tidak menimbulkan kejenuhan,” ungkapnya.

Tepat pukul 07.30 WIB, rombongan murid beserta guru menaiki bus untuk melakukan perjalanan menuju Agrowisata Amanah. Kurang lebih selama 1,5 jam rombongan bus tiba di lokasi field trip. Perjalanan ini terasa dekat karena para murid disuguhkan panorama hamparan sawah yang membentang di kanan kiri jalan serta udara sejuk yang menyegarkan badan.

Setiba di Agrowisata Amanah, murid disambut tour guide yang akan memandu mereka selama kegiatan berlangsung. Sebelum menikmati sarapan dengan menu tradisional, para murid diajak berswafoto di depan pintu masuk Agrowisata Amanah.

Baca juga, Buktikan Peran Aktif Lazismu dalam Mendukung UMKM dan Gerakan Pangan Murah

Kegiatan selanjutnya adalah outbond. Murid dibagi menjadi enam kelompok besar dan tiap kelompok akan dipandu dua tour guide. Secara bergiliran, tiap kelompok akan mengikuti kegiatan membuat roti pizza, membuat pupuk organik, bercocok tanam di lahan basah, memanen sayur, susur sungai, edukasi di bidang perikanan dan peternakan serta ditutup dengan aktivitas berenang.

Kegiatan field trip ditutup dengan makan siang bersama sekaligus refleksi. Refleksi ini perlu dilakukan setelah kita melalui serangkaian pembelajaran. Ternyata, dari kegiatan field trip akan menumbuhkan jiwa kreativitas, bernalar kritis, dan melatih sikap sosial serta emosional.

Salah satu murid kelas I, Abizar Adrian Maulana, merasa sangat senang dapat mengikuti kegiatan field trip kali ini.

“Seru sekali bisa ikut field trip, kegiatannya sangat seru dan menantang,” pungkasnya.

Kontributor : Nikmah Hidayati
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.