Begini Cara IPM Perkuat Karakter Kepemimpinan Anggotanya

0
795

pwmjateng.com, JEPARA -Bertempat di ruang multimedia SMA-SMK Muhammadiyah Mayong, sekitar 34 peserta dan 18 panitia serta tamu undangan yang terdiri dari Kepala Sekolah dan pembina menghadiri pembukaan kegiatan Latihan Dasar Pimpinan Ranting (LDPR), Jumat (12/10/2018). Kegiatan LDPR Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA-SMK Muhammadiyah Mayong yang baru diadakan untuk kedua kalinya ini mengambil tema “Membentuk Kader IPM  yang Amanah Bertanggung Jawab dan Disiplin” menyuguhkan kegiatan yang bersifat outdoor dan diadakan di Wana Wisata Ternadi Dawe Kudus dalam bingkai konsep kegiatan menyatu dengan alam melalui perkemahan.

Pembukaan kegiatan dibuka oleh Kepala SMK Muhammadiyah Mayong yaitu Bapak Choiruzaed dan didampingi Kepala SMA Muhammadiyah Mayong Bapak Hery Toto Wiyono. Dalam kesempatan itu pula, Kepala Sekolah memberikan do’a untuk keselamatan peserta dan panitia di dalam perjalanan. Setelah pembukaan selesai, peserta berangkat dari kompleks sekolah pada pukul 13.40. Alhamdulillah pukul 14.50 WIB peserta sudah sampai di tempat dengan didampingi oleh beberapa guru pendamping. Setelah sampai para peserta dan panitia langsung mendirikan tenda dan menyiapkan perlengkapan kemah lainnya.

Kemudian, setelah tenda berdiri dan dirasa perlengkapan sudah berada di posisinya masing-masing, maka orientasi kegiatan oleh panitia ke peserta pun diberikan sebagai bekal untuk memahami kegiatan ini. Kegiatan yang mempunyai tujuan melatih kepemimpinan, mental dan dedikasi ber-IPM ini memang sengaja  ditempatkan di outdoor supaya menumbuhkan jiwa militansi kader-kader IPM. Kegiatan ini pula menggunakan tenda sebagai tempat tidur, dan memasak secara mandiri untuk melatih kader dalam berketrampilan memasak. Mendukung dengan hal tersebut, ketua panitia Syaiful Huda mengatakan “Kegiatan ini adalah follow up kegiatan sebelumnya yaitu malam bina calon anggota (mabica). Pada kegiatan ini ditekankan pada prinsip praktik-praktik teori yang sudah disampaikan di mabica untuk kemudian di kegiatan ini dipraktikkan. Seperti menempa kepemimpinan, mental, dan kedisiplinan”.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini (12-13/10/2018), terdiri dari agenda pembentukan karakter yang meliputi, kedisiplinan, muhasabah malam, Latihan Baris Berbaris (LBB), kultum, tadarus, pensi, hiking, sharing program kerja, dan pembentukan mental. Menurut Pembina yaitu Bapak Roy mengatakan “Kegiatan ini sangat menentukan kader-kader IPM manakala dihadapkan pada suatu permasalahan organisasi, diharapkan langsung tanggap dan cepat dalam mengatasinya, sehingga kami harapkan dengan kegiatan ini tidak ada lagi kader PR IPM yang tidak berani berbicara di depan publik dan tidak bisa baris berbaris.”

Beliau menambahkan mengucapkan terima kasih kepada pembina lain yakni Ibu Hanif Laili Hidayah yang sudah membantu mensukseskan agenda ini, terima kasih juga untuk Bapak Choiruzaed, Bapak Burhan, Bapak Aam, Bapak Juned, Bu Rini, dan Bu Laili yang ikut bersama-sama mendampingi anak-anak selama kegiatan. Tak lupa dari pembina mengucapkan terima kasih atas do’a bapak ibu guru yang sudah mendo’akan kegiatan ini sehingga sukses lancar sampai hari terakhir.

Alhamdulillah pada hari Sabtu, 13 Oktober 2018 pukul 16.00 WIB telah dilakukan apel penutupan kegiatan. Dalam penutupan, pembina apel mengingatkan untuk pentingnya menjaga komitmen ber-IPM dengan sungguh-sungguh ikut menggembirakan kegiatan-kegiatan dakwah IPM SMA-SMK Muhammadiyah Mayong. Akhirnya, dengan panitia dan peserta sejumlah yang disebutkan di atas masih tetap bersama dan kembali sampai sekolah dengan selamat.

 

Penulis: Roynaldy Saputro/ Pembina PR IPM SMA Muhammadiyah Mayong | Editor: Tuti Astha3