BeritaKabar Daerah

Aksi Solidaritas Peduli Semeru, Angkatan Muda Muhammadiyah Ketileng Galang Dana

PWMJATENG.COM, KAB.TEGAL – Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Ketileng keliling desa melakukan aksi kemanusiaan penggalangan dana korban awan panas guguran Gunung Semeru pada Ahad 19 Desember 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung sejak Pukul 07.00 sampai 10.30 WIB yang dimulai dengan breafing, penyampaian orasi kemanusiaan, penampilan rebana, dan diakhiri dengan keliling masuk dari jalan-jalan besar hingga gang-gang yang hanya dijangkau pejalan kaki. AMM Ketileng melaksanakan aksi kemanusiaan tersebut di Desa Ketileng (Kecamatan Kramat) dan Desa Kesadikan (Kecamatan Tarub).

Aksi dilakukan seluruh pimpinan dan anggota ortom Muhammadiyah yang terdiri dari Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah; Ikatan Pelajar Muhammadiyah; dan simpatisan Muhammadiyah. Mereka secara bersamaan bergerak untuk meringankan beban saudara kita yang tengah terdampak gunung semeru di Lumajang Jawa Timur.

Sebelum aksi dilaksanakan, terjadwal Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Ketileng untuk menyampaikan pesan atau arahan, namun beliau H. Sodikin, S.Pd.I pada saat diberikan kesempatan sambutan belum sempat mengucapkan salam langsung menitihkan air mata; beliau terharu melihat semangat temen-temen AMM di rantingnya; diketahui sudah puluhan tahun Pemuda Muhammadiyah mati suri dan IPM juga belum jalan, dan hari ini beliau menyaksikan langsung semangat AMM untuk ikut galang dana; sehingga beliau terharu dan tidak sanggup menyampaikan sambutan.

Baca juga, Olympicad VII Muhammadiyah Jawa Tengah di Unimus, Resmi Dibuka!

Awaludin selaku Ketua Pemuda Muhammadiyah Ketileng menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kongkrit Muhammadiyah Ketileng khususnya Angkatan Muda Muhammadiyah Ketileng yang mempunyai semangat dakwah sosial secara langsung. Lebih lanjut dalam orasinya Beliau mengajak masyarakat Ketileng dan Kesadikan untuk peduli kepada saudara kita; karena banyak orang kehilangan keluarga, rumah, dan bahkan masa depan mereka.

Dalam orasinya Awaludin juga menyampaikan bahwa ada seorang anak yang kehilangan bapak atau ibunya, begitu juga mereka orangtua ada yang kehilangan anaknya; oleh karena itu mari kita bantu mereka, kita kembalikan lagi kebahagiaan mereka; kita kembalikan lagi masa depan mereka, kita bantu mereka kembali dalam kehidupan yang bahagia sebagaimana biasanya, dan memberikan sedikit harapan untuk masa depan mereka.

Arif Subihan selaku Bendahara Pemuda Muhammadiyah yang juga menjadi Orator Aksi Kemanusiaan tersebut menyampaikan ajakan kepada masyarakat Ketileng dan Kesadikan untuk bergabung dalam kegiatan sosial ini, “Monggo (selahkan) bapak-bapak, ibu-ibu, mas-mas, dan mba-mba bergabung bersama kami dalam aksi kebaikan ini. Seribu, dua ribu, lima ribu, ataupun lebih dari sepuluh ribu kita sangat bermanfaat untuk mereka yang terdampak APG Gunung Semeru; mumpung (selagi) kita diberikan kesehatan dan kenikmatan mari kita bantu mereka; bayangkan jika kita diposisi mereka yang kehilangan keluarga, rumah, dan mimpi-mimpinya.

Baca juga, “Goblok” Juga Haram

Arif juga mengajak masyarakat untuk setidaknya mendoakan mereka agar kuat menghadapi cobaan ini; sehingga mereka ada harapan untuk bangkit kembali dan mudah-mudahan doa yang kita panjatkan dapat membantu dan mengembalikan senyum mereka lagi.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan aksi Rebana Nasyiatul Aisyiyah Ketileng yang sudah professional dalam bermain Rebana; selama berkeliling temen-temen NA akan menampilkan rebana pada saat ngetem (berhenti) sambil menunggu yang lainnya selesai galang dana di gang-gang kecil.

Tidak lupa juga semangat temen-temen Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) menjadikan kegiatan ini sukses terlaksana. Hanum selaku ketua IPM mengirimkan peserta aksi kurang lebih 20 orang, sehingga mampu menjangkau jalan-jalan yang terkecil.

Kegiatan diakhiri dengan perhitungan hasil donasi secara bersamaan di Masjid Baiturrohman Ketileng; dan Alhamdulillah terkumpul sebesar 4.292.500 yang akan disalurkan melalui KL Lazismu Kramat II. (Awaludin_Muda)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE