AUMBerita

Aksi Mempesona Dua Siswa SD Muhammadiyah Jepara! Ada Apa di Balik Pembacaan Kalam Ilahi Mereka?

PWMJATENG.COM, Jepara – Momentum pagi Ahad, 26 November 2023, menjadi spesial dengan kehadiran dua siswa berbakat dari SD Muhammadiyah Jepara. Ananda Yasmin Naqa’ Mumtaz Setiyawan dan Ananda Ainiya Faida Azmi memukau jamaah dalam pengajian Jihad di Masjid At-Taqwa. Pembacaan Kalam Ilahi oleh kedua siswa ini bukan hanya sekadar tugas rutin, tapi juga pelatihan keberanian dan pengkaderan sejak dini.

Ahad pagi yang keempat dijadwalkan sebagai pengajian Jihad di Masjid At-Taqwa, yang mana menjadi momen spesial bagi siswa-siswa SD Muhammadiyah Jepara. Dalam kegiatan ini, tugas istimewa dibebankan pada Ananda Yasmin Naqa’ Mumtaz Setiyawan, siswa kelas 6, dan Ananda Ainiya Faida Azmi, siswa kelas 4. Pendamping mereka adalah guru-guru berdedikasi, yaitu Noer Jana dan Soemiyati.

Kepala SD Muhammadiyah Jepara, Dian Novitasari, menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai agenda rutin bulanan, tetapi juga sebagai bagian dari proses pembelajaran untuk melatih keberanian siswa tampil di depan masyarakat, khususnya di hadapan jamaah pengajian Ahad Pagi di Masjid At-Taqwa.

“Kegiatan ini merupakan langkah pengkaderan yang dilakukan sejak dini. Program ini sudah dijadwalkan oleh pengurus Masjid At-Taqwa dan menjadi proses pengkaderan di lingkungan sekolah Muhammadiyah, mulai dari SD hingga tingkat SMA dan SMK di kecamatan Jepara,” terang Dian Novitasari.

Baca juga, Hebat! Lazismu Jateng Borong Penghargaan Nasional! Apa Rahasianya?

Pengkaderan ini juga memberikan daya tarik tersendiri bagi jamaah pengajian, karena mereka dapat menyaksikan langsung kemampuan putra-putri terbaik dari Amal Usaha Pendidikan Muhammadiyah.

Pelatihan Keberanian dan Pengkaderan Sejak Dini

Pembacaan Kalam Ilahi oleh siswa-siswa ini bukan hanya sekadar tugas, tetapi juga sebagai upaya melatih keberanian mereka. Dengan berdiri di depan jamaah, mereka belajar mengatasi rasa gugup dan menunjukkan kemampuan berbicara di hadapan publik.

Menurut Dian Novitasari, “Kegiatan ini memiliki nilai lebih, yaitu memberikan pengalaman berharga kepada siswa untuk tampil di depan umum, serta melatih keterampilan berbicara dan menyampaikan pemikiran dengan jelas dan lugas. Hal ini merupakan investasi pembentukan karakter anak-anak sejak dini.”

Penghargaan dari Pengurus Masjid dan Apresiasi Kepala Sekolah

Pengajian Jihad di Masjid At-Taqwa ini menjadi ajang pembuktian bakat dan kepercayaan diri Ananda Yasmin Naqa’ Mumtaz Setiyawan dan Ananda Ainiya Faida Azmi. Kedua siswa tersebut berhasil memukau jamaah dengan pembacaan Kalam Ilahi mereka.

Dian Novitasari menambahkan, “Pengurus Masjid At-Taqwa melibatkan siswa-siswa Muhammadiyah dalam kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan dan dukungan terhadap Amal Usaha Pendidikan Muhammadiyah. Hal ini semakin memperkuat hubungan antara sekolah dan masyarakat sekitar.”

Sembari meraih penghargaan, keberanian dua siswa SD Muhammadiyah Jepara mencuri perhatian, menunjukkan bahwa pendidikan di Muhammadiyah tidak hanya menekankan pada aspek akademis, tetapi juga melibatkan siswa dalam pengembangan karakter dan kepercayaan diri. Aksi mereka bukan hanya menjadi inspirasi di sekolah, tapi juga di lingkungan masyarakat sekitar.

Kontributor : Dian Novitasari
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE