OrtomTokoh

Terpilih dalam Musywil di Boyolali, Berikut Sosok Ketum PWNA Jateng Monica Subastia!

PWMJATENG.COM, Semarang – Nasyiatul Aisyiyah Jawa Tengah, sebagai salah satu organisasi otonom Muhammadiyah (Ortom), baru saja selesai menggelar hajat akbar, Musyawarah Wilayah (Musywil). Musywil Nasyiatul Aisyiyah Jawa Tengah Periode Muktamar ke-14 ini diselenggarakan pada 25-27 Agustus 2023 di Kabupaten Boyolali.

Pada gelaran Musywil kali ini, terpilih Ketua Umum (Ketum) dan Sekretaris Umum (Sekum) PWNA Jawa Tengah Periode 2022-2026, mereka adalah Monica Subastia dan Mutmainnah.

Monica Subastia sendiri adalah kader Nasyiah dari Kabupaten Magelang, sedangkan Mutmainnah adalah Kader Nasyiah dari Kabupaten Sukoharjo.

Monica yang terpilih sebagai Ketua Umum PWNA Jateng sendiri pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum PW IPM Jawa Tengah Periode 2017-2019. Proses kaderisasi yang ia lalui lebih banyak ia dapatkan di Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

Mahasiswa S2 UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta ini lahir di Magelang, 10 Februari 1996. Monica ber-IPM sejak ia masih duduk di bangku SMP, tepatnya saat mengenyam pendidikan di SMP Muhammadiyah Tempuran, Kabupaten Magelang. Kemudian ketika ia melanjutkan studi di SMK Muhammadiyah Salaman, Monica mulai aktif berorganisasi melalui PR IPM SMK Muhammadiyah Salaman.

Baca juga, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah: Bersatu Menuju Indonesia Berdaulat

Pada tahun 2015, Monica terpilih sebagai Sekretaris Umum PD IPM Kabupaten Magelang Periode 2015-2017. Kemudian di periode berikutnya, ia terpilih sebagai Sekretaris Umum PW IPM Jawa Tengah Periode 2017-2019 lewat Musywil IPM Jateng di Kabupaten Kendal. Sukses membawa IPM Jateng lebih maju pada periodenya, Monica turut serta dalam kontestasi Muktamar XXI IPM. Pada saat itu, ia terpilih sebagai Formatur PP IPM dengan perolehan 565 suara. Kemudian, berdasarkan hasil sidang formatur, dirinya diamanahi sebagai Ketua Bidang Perkaderan PP IPM Perode 2018-2020.

Di tahun yang sama saat ia menjabat sebagai Sekum PD IPM Kabupaten Magelang, Monica sudah mulai aktif sebagai kader Nasyiah. Tercatat, ia pernah menjabat sebagai Ketua 1 PCNA Mertoyudan. Kemudian di tingkat daerah, Monica pernah menjabat sebagai Bendahara 2 PDNA Kabupaten Magelang Periode 2017-2023. Di periode yang sama, 2017-2023, Monica juga merupakan Anggota Departemen Sosial PWNA Jawa Tengah.

Pada Muktamar XIV Nasyiatul Aisyiyah di Bandung tahun lalu, nama Monica masuk ke dalam bursa Calon Sementara PPNA Periode 2022-206. Meskipun tidak terpilih sebagai 9 formatur, Monica saat ini tercatat menjabat sebagai Ketua Departemen Advokasi Sosial PPNA Periode 2022-2026.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE