4 Rumah Ludes dan 2 Ekor Kambing Mati Terpanggang, Lazismu Kendal Bantu Keluarga yang Rumahnya Kebakaran.

PWMJATENG.COM, KENDAL – Telah terjadi kebakaran rumah di Dusun Jingkang, RT 08/RW 03 desa Mulyosari, Sukorejo, Kendal pada Rabu (11/9). Peristiwa kebakaran diduga akibat kelalaian memasak menggunakan tungku bakar yang ditinggal pergi pemiliknya. Selain empat rumah, dua ekor kambing juga ikut mati terpanggang.

Informasi yang dihimpun, kebakaran pertama kali melanda rumah milik Senadi. Namun api dengan cepat membesar hingga merambat ke rumah lainnya. Dari insiden tersebut, dua rumah tercatat rusak parah, yakni milik Senadi dan Solikhin. Sedangkan dua rumah lainnya, yakni milik Tukardi dan Slamet, mengalami rusak sedang. Jarak antar rumah yang saling berdekatan, menyebabkan api dengan cepat merambat dan membakar rumah warga lainnya. Dari kebakaran tersebut diperkirakan menelan kerugian sebesar Rp 200.000; lebih.

BACA JUGA  Ketua PDM Kudus : Kader Muhammadiyah Itu Nyah Nyoh

“Ya saya hanya bisa pasrah, sebab saat kejadian itu sedang berada di sawah. Mengetahui rumah terbakar juga diberitahu warga lain,” ucap Senadi dengan nada sedih.

Kejadian itu dilaporkan BPBD Kendal, Polsek Sukorejo dan Satpolkar Kendal. Dua unit armada damkar Sukorejo yang tiba di lokasi langsung berusaha memadamkan kobaran api tersebut.

BANTUAN. Lazismu Daerah Kendal melalui ketua Majelis Tabligh PCM Sukorejo, H. Bunyamin menyerahkan sejumlah uang da sembako kepada bu Solikhin yg rumahnya terbakar (foto dok agus)

Kabid Pemadam Kebakaran Satpolkar Kendal, Arif Masrukhin mengatakan kejadian sekitar pukul 09.45 WIB. Diduga api yang berasal dari tungku kayu yang sedang digunakan untuk memasak gula aren jawa membakar dinding papan kayu rumah, saat sang pemiliki ditinggal pergi keluar.

“Informasi itu langsung kami terima beberapa menit saat kejadian. Dua unit armada damkar sektor Sukorejo langsung menuju ke lokasi untuk melakukan pemadaman dengan dibantu warga sekitar,” katanya.

BACA JUGA  MDMC - Pemkab Donggala Tanda Tangani MoU Program Pengurangan Resiko Bencana

Pihaknya menghimbau kepada warga, untuk waspada dan tidak lalai saat bekerja memasak. Rumah milik Senadi yang terbuat dari papan kayu dengan mudah dan cepat langsung membakar rumah tersebut dan mengenai rumah tetangga lainnya.

“Kami menghimbau kepada warga agar waspada jika sedang bekerja memasak. Jangan sampai berakibat seperti ini lagi. Kejadian ini bisa kita jadikan sebagai pembelajaran,” tuturnya.

Sementara itu Lazismu Daerah Kendal melalui petugas Kantor Layanan (KL) Sukorejo, Iwan Mintarsa mengatakan, pihak Lazismu segera mengulurkan bantuan kepada keluarga yang rumahnya kebakaran. Bantuan diberikan lewat ketua Majelis Tabligh PCM Sukorejo, H. Bunyamin Kamis (12/9)

“Kami segera bertindak, menemui keluarga Senadi dan Solikhin yang kami lihat dua rumah milik mereka rusak parah. Kami memberikan bantuan, yaitu sejumlah uang dan bahan sembako” kata Bunyamin.

BACA JUGA  Agus Alwi: Kantor Layanan Lazismu Harus Satu Atap dengan Kantor Daerah

Beliau berharap dengan bantuan yang diberikan mampu meringankan beban hidup yang akan datang.

“Kami juga segera memberikan bantuan kepada keluarga Tukardi dan Slamet yang sama-sama rumahnya ikut terbakar, tetapi tidak separah” ujarnya.

Sedangkan Senadi dan Solikhin menyampaikan terima kasih atas kepedulian Lazismu yang telah membantu kami.

“Terima kasih sekali atas bantuan dari Lazismu. Uang dan bahan sembako ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk makan sehari-hari” tuturnya. (Fur/MPI Kdl)

 

 

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts