BeritaMajelis LembagaPWM Jateng

Wujudkan Kaderisasi Ulama Muhammadiyah, LPP PWM Jateng Gelar Rakorwil di PPM Darul Arqom Kendal

PWMJATENG.COM, Kendal – Lembaga Pengembangan Pesantren (LPP) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) LPP dan Pesantren Muhammadiyah se-Jawa Tengah pada tanggal 18-19 November 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Muhammadiyah (PPM) Darul Arqom Patean, Kendal, dengan tema “Kaderisasi Ulama dan Kemandirian Pesantren Muhammadiyah di Jawa Tengah”.

Rakorwil ini menjadi wadah strategis untuk merumuskan langkah-langkah konkret dalam mewujudkan kaderisasi ulama dan meningkatkan kemandirian pesantren di Jawa Tengah. Beberapa tokoh terkemuka dari Muhammadiyah dan pesantren, seperti Ketua PP Muhammadiyah Dr. KH. Sa’ad Ibrahim, M.A., Wakil Ketua PWM Jawa Tengah H. Muhammad Abduh Hisyam, S.Ag., Sekretaris PWM Jawa Tengah H. Dodok Sartono, S.E., M.M., Manajer Area Lazismu Jawa Tengah Ikhwanushoffa, dan Ketua LPP PWM Jawa Tengah KH. M. Irzal Fadholi, M.Pd., M.Pd.I, turut hadir dalam kegiatan ini.

Rakorwil ini melibatkan ratusan peserta dari Pesantren Muhammadiyah (PDM) se-Jawa Tengah. Agenda kegiatan selama dua hari tersebut mencakup Dialog Ideopolitor, Materi “Kemandirian Pesantren melalui Wakaf Produktif”, Materi Peran Lazismu untuk Kaderisasi yang dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara LPP dan Lazismu. Selain itu, terdapat Forum Ustaz dan Ustazah Pesantren Muhammadiyah (FUPM), Materi “Penguatan Pesantren sebagai Pusat Kaderisasi Ulama”, dan penyampaian rintisan Model PesantrenMu dengan fokus Keunggulan PesantrenMu di bidang Matematika dan Sains.

Baca juga, Mari Turut Berpartisipasi pada Gerakan Infak Pendidikan Milad 111 Tahun Muhammadiyah!

Ketua LPP PWM Jawa Tengah, KH. M. Irzal Fadholi, M.Pd., M.Pd.I, menegaskan tujuan utama dari kegiatan ini, “Rakorwil ini menjadi momentum penting dalam mewujudkan kemandirian pesantren dan kaderisasi ulama. Melalui dialog dan kolaborasi, kami berharap dapat merumuskan langkah-langkah strategis yang dapat diterapkan di pesantren-pesantren Muhammadiyah di Jawa Tengah.”

Sekretaris PWM Jawa Tengah, H. Dodok Sartono, S.E., M.M., menambahkan, “Pesantren memiliki peran kunci dalam mencetak kader-kader ulama yang berkualitas dan mandiri. Dengan melibatkan Lazismu sebagai mitra strategis, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam mencapai tujuan tersebut.”

Rakorwil LPP dan Pesantren Muhammadiyah Jawa Tengah diharapkan tidak hanya menjadi ajang diskusi, tetapi juga melahirkan langkah-langkah implementatif untuk mewujudkan pesantren yang lebih mandiri dan ulama yang berkualitas di Jawa Tengah.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.