AUMBerita

Wow! UMS Punya Mahasiswa Asing Terbanyak di Jateng, Ikuti Festival Handai Indonesia 2024!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Mahasiswa asing Program Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memperoleh Sosialisasi Festival Handai Indonesia Tahun 2024 dari Tim BIPA Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Acara ini diadakan di Ruang Sidang BPH Gedung Induk Siti Walidah UMS dan melibatkan Citra Aniendita Sari, Poetri Mardiana Sasti, dan Abdul Basari dari Tim BIPA.

Kepala Lembaga Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Umum (LBIPU) UMS, Dwi Haryanti, menyambut baik kunjungan Tim BIPA Provinsi Jawa Tengah dan berharap acara tersebut membawa berkah serta disimak dengan baik oleh semua pihak.

Citra Aniendita Sari dari Tim BIPA Balai Bahasa Jawa Tengah menyampaikan bahwa UMS memiliki jumlah mahasiswa asing yang paling banyak di antara perguruan tinggi lain di Jawa Tengah.

Baca juga, Mengkaji Keunggulan Bahasa dan Sastra Al-Qur’an

Sebelum memulai sosialisasi, Citra menjelaskan tentang Balai Bahasa sebagai unit teknis di bawah Badan Bahasa yang bertanggung jawab terhadap bahasa dan sastra di Indonesia. Salah satu fungsi Balai Bahasa adalah sebagai fasilitas pembelajaran bagi BIPA di setiap provinsi.

Tim BIPA Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa Festival Handai Indonesia Tahun 2024 terbuka bagi warga negara asing yang mampu berbahasa Indonesia dan memahami budaya Indonesia. Tujuan festival ini adalah memberikan platform bagi mereka untuk menunjukkan kemampuan dan kreativitas dalam bahasa Indonesia.

Kompetisi dalam festival ini mencakup berbagai jenis seperti berpidato, bercerita, bernyanyi, berpuisi, berpantun, membawakan reportase, dan bersurat. Hal ini bertujuan untuk menghargai kemahiran dan pengetahuan mereka tentang peradaban serta kebudayaan Indonesia.

Kontributor : Fika
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE