AUMBerita

Wow! SMPM Plus Gunungpring Muntilan Gelar Festival Dolanan Spektakuler Peringati Milad Ke-17

PWMJATENG.COM, Magelang –  Sabtu (24/02) pagi, Lapangan drh. Supardi menjadi saksi acara yang tak biasa. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein, bersama tokoh-tokoh penting Muhammadiyah lainnya, tampak ceria bermain gangsing bersama di panggung. Acara tersebut adalah bagian dari “MPlus Dolanan Fest” yang digelar oleh SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring, Muntilan, dalam rangka memperingati Milad ke-17.

Efi Nurul Utami, Kepala SMP M Plus Gunungpring, menjelaskan, “Kami mengadakan Milad MPlus ke-17 dikemas dalam bingkai MPlus Dolanan Fest dengan tema Letakkan Gadgetmu Ayo Dolanan Bersamaku.” Acara tersebut tidak hanya menampilkan permainan gangsing, tetapi juga main angklung bersama dipandu oleh seniman Abet dari Kampung Dolanan Borobudur, Magelang.

Dengan dihadiri sekitar 1000 siswa beserta orang tua/wali mereka, MPlus Dolanan Fest menjadi sorotan utama. Efi menambahkan, “Seribu peserta main angklung kemudian ada juga 1000 peserta bermain mainan tradisional yang dikemas dalam game bersama bersama.”

Baca juga, Rekonsiliasi Esensial Doktrin Fikih Kontemporer Muhammadiyah

Slamet Ahmad Husein menyampaikan apresiasi atas acara tersebut, yang juga merupakan bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dia menyatakan, “Barangkali baru SMPM Plus Gunungpring, Muntilan saja yang melaksanakan gelar karya di Pendopo drh. Supardi hari ini, mendahului Kabupaten Magelang yang kita merencanakan gelar karya besok bulan Mei.”

Tafsir, Ketua PWM Jawa Tengah, juga memberikan apresiasi terhadap festival dolanan ini. “Ini bagian dari inovasi pendidikan Muhammadiyah dan yang saya tahu di Jawa Tengah, inilah pertama yang saya temui, festival dolanan untuk sekolah Muhammadiyah,” ungkapnya. Menurutnya, festival dolanan tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai bagian dari apresiasi terhadap karya budaya dan sebagai alat dakwah.

Acara tersebut juga menjadi momentum diluncurkannya buku antologi karya para siswa MPlus Gunungpring dengan judul “Letakkan Gadgetmu, Ayo Dolanan Bersamaku”. Selain itu, berbagai kegiatan lain juga dilaksanakan sebagai rangkaian dari Milad ke-17 MPlus, termasuk perlombaan yang melibatkan para siswa SD di Kabupaten Magelang.

Kontributor : Sapari
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE