AUMBerita

Wow! Perpustakaan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Dapat Akreditasi A dari Perpusnas RI

PWMJATENG.COM, Surakarta –  Perpustakaan SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo mendapat pengakuan atas prestasinya setelah berhasil meraih predikat akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Proses penilaian yang melibatkan tim asesor Perpusnas RI telah berlangsung pada Rabu (6/12/2023), dengan penyerahan sertifikat akreditasi secara resmi pada Senin (4/3/2024).

Akreditasi ini memiliki masa berlaku selama lima tahun ke depan, yang dimulai sejak tanggal 21 Desember 2023. Penilaian terhadap perpustakaan sekolah ini melibatkan sembilan komponen yang mencakup berbagai aspek seperti koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana, pelayanan, tenaga pengelola, hingga tingkat kegemaran membaca.

Nursalam, Kepala SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, menyatakan kegembiraannya atas prestasi ini. Ia menekankan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari kerjasama semua pihak yang terlibat dalam membangun perpustakaan sekolah yang berkualitas.

“Sistem digitalisasi telah kami terapkan untuk memudahkan pencarian dan akses terhadap koleksi buku melalui aplikasi PK E-Library. Kami juga telah meluncurkan PK Excard 4 sebagai kartu pelajar multifungsi untuk layanan peminjaman dan pengembalian buku,” jelasnya.

Baca juga, Tiga Ijtihad Politik Ulama

Perpustakaan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, yang dikenal dengan nama “Pustaka PK”, memiliki sejumlah program unggulan seperti pojok baca di setiap kelas, pemilihan duta baca bulanan, kegiatan baca keliling, penghargaan untuk pemustaka aktif, dan lainnya. Selain itu, kerjasama dengan Dispersip Kota Solo juga membantu dalam menyelenggarakan kunjungan perpustakaan keliling dan pengadaan koleksi buku.

Bella Berliana, Kepala Pustaka PK, menyatakan bahwa saat ini terdapat sekitar 3000 eksemplar buku yang tersedia, meliputi berbagai bidang pengetahuan. Upaya terus dilakukan untuk menjalin kerjasama dan meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, termasuk penambahan koleksi buku secara berkala.

“Dengan berbagai program dan upaya yang kami lakukan, kami berharap dapat terus meningkatkan budaya literasi dan minat baca di kalangan siswa serta masyarakat sekitar,” tambahnya.

Kontributor : Nikmah Hidayati
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE