Universitas Muhammadiyah Semarang Menggelar Wisuda Ke – 30

Universitas Muhammadiyah Semarang menggelar acara Wisuda Ke 30

PWMJATENG.COM, SEMARANG – Universitas Muhamamdiyah Semarang menggelar acara wisuda ke 30, di Gedung serbaguna Universitas Muhamamdiyah Semarang, Selasa (25/6).

Wisuda kali ini meluluskan sebanyak 597 wisudawan dari delapan Fakultas, yakni Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Matematikan dan Pengetahuan Alam, Fakultas Tekhnik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa dan Budaya Asing, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan / Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Kedokteran Gigi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Pimpianan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Drs. H. tafsir, M.Ag, dan Wakil Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. H. Sudarnoto Abdul Hakim, M.A.

Unimus dapat menyelesaikan studi dengan predikat Cumlaude sebanyak 53,77%, sangat memuaskan sebanyak 42,55% dan dengan predikat memuaskan sebanyak 3,69%. Rerata Indeks Prestasi Komulatif (IPK) lulusan program Profesi, S1, Diploma IV dan Diploma III berturut-turut adalah 3,80; 3,39; 3,43 dan 3,47. Data ini menunjukkan bahwa selama proses pendidikan, mahasiswa dapat menguasai materi pembelajaran & dapat mencapai kompetensi dengan baik.

BACA JUGA  Halal Bihalal Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah

Gambaran masa studi pada lulusan Unimus tahun ini menunjukkan performa yang semakin baik. Sebanyak 97,57 % lulusan profesi dokter dan ners tepat waktu. Sebanyak 97,81% lulusan dari program S1 menyelesaikan studinya dalam waktu 3,5 hingga 4 tahun. Sebanyak 100% lulusan Program Diploma IV selesai dalam waktu 4 tahun dan sebanyak 92,45% lulusan Program Diploma III lulus tepat waktu. Data ini menunjukkan bahwa proses pendidikan dapat berjalan lancar dan efektif seiring dengan perjalanan waktu.

Diantara 597 wisudawan ada 8 wisudawan dari 8 program studi yang berprestasi dengan indeks prestasi paling tinggi pada program studinya sehingga mereka terpilih sebagai wisudawan terbaik.  Adapun lulusan terbaik pada setiap program studi sesuai dengan Keputusan Rektor nomor: 138/UNIMUS/SK.EP/2019 sebagai berikut:

No Program Studi Nama Mahasiswa IPK Nama Orang Tua
1 S1 Kesehatan Masyarakat Vinisa Nurhayati Sofi 3,52 Sofyan Ahmad
2 S1 Statistika Widia Istiqomah 4,00 Eko Sugeng Suparno
3 S1 Teknik Elektro Suciyati Wulandari 3,82 Lukman Hakim Alm.
4 S1 Akuntansi Widya Karunia Azka 3,77 Mardi Widodo
5 S1 Teknologi Pangan Azmi Kurniawati 3,84 M. Bambang Teguh Santoso, BA
6 S1 Ilmu Gizi Emilia Arum Pratiwi 3,84 Joko Sutopo, SE
7 S1 Kedokteran Syaema Maulida 3,26 Ir. Hadi Supriyo, Ms.
8 D3 Analis Kesehatan Franzeska Irma Juliati 3,6 Robertus Sutiyono
BACA JUGA  Unimus Gelar Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penyusunan Artikel

 

Sampai saat ini, Universitas Muhammadiyah Semarang telah meluluskan sebanyak 11126 Wisudawan.

Sebagai a University for the Excellence mendapatkan pengakuan kendali mutu dari berbagai lembaga antara lain memperoleh akreditasi B untuk Akreditasi Institusi Pendidikan Tinggi (AIPT), 22 program studi telah terakreditasi B oleh BAN-PT maupun LAM-PTKes dan sebanyak 2 Program studi terakreditasi A  dari LAM-PTKes.

“Alhamdulillahirobbil’alamiin, pada tahun 2019 Unimus memperoleh amanah mengelola 27 Program Studi, yang meliputi program Diploma III, Diploma IV, Sarjana, Profesi dan Magister. Saat ini kami juga telah disetujui untuk membuka program studi baru yaitu program S2 Keperawatan yang saat ini tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) resmi dari Kemenristekdikti. Oleh karena itu kami mohon dukungan dan doa hadirin sekalian.  Dan sampai saat ini Unimus telah memiliki 36 orang dosen yang telah lulus program S3 dengan gelar Doktor. Sejumlah 27 orang dosen sedang menempuh studi lanjut program Doktor di berbagai Universitas didalam negeri, diantaranya UGM, ITB,  Unair, UNDIP, dan UNNES serta 5 orang dosen melanjutkan studi di Thailand, Inggris, Taiwan dan Malaysia. Peningkatan Sumber Daya Manusia ini, diharapkan akan membawa Unimus berkemajuan, semakin berkibar dan mantap dalam menjalankan tugasnya untuk mencerdaskan putra putri bangsa”.

BACA JUGA  2000 Lebih Warga Muhammadiyah Ikut Doa Untuk Rohingya Bersama Pemkab Karanganyar

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor 1, Dr. Sri Darmawati, M.Si , ketika menyampaikan laporan wisuda ke 30 Universitas Muhammadiyah Semarang. (it)

Total
0
Shares
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts