AUMBerita

UMP Sukses Lakukan Kerjasama dalam Program Sea Teacher dengan University Mindanao Digos College, Filipina.

PWMJATENG.COM, Banyumas – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil menyelesaikan program Sea Teacher yang diadakan setiap tahun oleh SEA MEO Asia, Jumat (1/12/2023). Pada tahun ini, UMP mendapat kepercayaan dari berbagai universitas di ASEAN, termasuk University Mindanao Digos College, Filipina.

Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) Condro Nur Alim, Ph.D menjelaskan Program Student Exchange antara UMP dan UM Digos Collage Filipina diikuti oleh 2 dosen dan 2 mahasiswa UMP, yaitu mahasiswa atas nama Chesyl E. Balorio dan Nina Angelie V. Dano, serta dosen dari University Mindanao Digos College yang bernama Mrs. Ana Mae M. Monteza, Ph.D dan Mrs. Princess G. Cole, MBA.,CHRP.

“Kegiatan yang dilakukan selama kurang lebih 3 pekan yaitu kedua mahasiswa melakukan Internasional teaching practice di sekolah yang terafiliasi dengan UMP, seperti SD UMP, SMP UMP, dan Puhua School. Sedangkan dua dosen dari University Mindanao Digos Collage yaitu Mrs. Ana dan Mrs. Princesa, melaksanakan Guest Lecture dengan peserta Mahasiswa UMP dari berbagai fakultas,” ungkapnya.

Baca juga, Songsong Perubahan untuk Muhammadiyah Unggul dan Berkemajuan, PWM Jateng Gelar Konsolidasi

Lebih lanjut Condro menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal dari kerjasama Internasional, dan diharapkan akan ada lebih banyak kerjasama di masa depan, termasuk kuliah tamu dan nantinya UMP juga mengirimkan mahasiswanya untuk student exchange di UM Digos Collage.

“Kami Berharap dengan ada kerjasama seperti ini akan meningkatkan penilaian dalam hal internasionalisasi, sehingga kedepannya akan ada banyak kegiatan kerjasama yang dilakukan seperti kuliah tamu dan kemungkinan besar UMP juga akan mengirim mahasiswanya untuk mengikuti student exchange di University Mindanao Digos College, Filipina.” ujarnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Saefurrohman, Ph.D menyampaikan untuk kerjasama ini nantinya akan terus berlanjut, terutama karena UMP tergabung dalam Sea Teacher Asia. Beliau berharap semakin banyak mahasiswa yang datang ke UMP dari luar, dan sebaliknya serta memperkuat keterlibatan UMP dalam kerangka Sea Teacher Asia.

“Semoga kita selalu mendapatkan kepercayaan dari Universitas yang ada di Asia sehingga program kerjasama ini dapat terus berlanjut dan nantinya tidak hanya mahasiswa luar yang datang ke UMP namun juga kita mengirimkan mahasiswa UMP ke luar.” ungkapnya,

Saefurohman, Ph.D menambahkan kerjasama ini dianggap sebagai langkah positif untuk meningkatkan penilaian internasionalisasi UMP, baik secara nasional maupun internasional,l menuju pemeringkatan QS Ranking.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE