UMP Kembali Gelar Lomba Matematika Nasional

0
263

PWMJATENG.COM, BANYUMAS – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika kembali menggelar lomba matematika tingkat nasional untuk kategori SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/- SMK. Lomba bertema “Mencetak Generasi Muda yang Intelektual, Kompetitif dan Kreatif Bersama Matematika” itu bakal digelar 16 Februari 2020 di Kampus 1 UMP.

Ketua Panitia Lomba Guruh Prilistama mengatakan, lomba ini merupakan kegiatan terbesar yang ada di HMPS Pendidikan Matematika UMP. Lomba tersebut kali pertama digelar tahun 1989. Diawali tingkat regional dan berlanjut ke tingkat provinsi.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media untuk meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat terhadap bidang ilmu matematika melalui sistem kompetisi yang sehat dan mampu menciptakan generasi muda yang jujur, berkarakter dan berkualitas,” katanya, kemarin.

Guruh mengatakan, tujuan dari lomba matematika ini selain sebagai perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi, juga realisasi program kerja himpunan ini untuk periode 2019/2020, serta untuk menumbuhkan minat dan bakat pada bidang ilmu Matematika.

Dijelaskan, sejatinya Matematika adalah center point dari segala cabang ilmu pengetahuan yang ada. Ini dikarenakan karakteristik dari ilmu Matematika yang aplikatif yakni mudah diterapkan dalam berbagai bidang. Aplikasi dari Matematika dapat membentuk dan melahirkan generasi muda yang berprestasi.

“Mereka tidak hanya berkemampuan secara akademik namun juga memiliki attitude yang baik. Kemudian dilihat dari efektivitas penerapan Matematika pada kehidupan nyata (realistic) mampu menguatkan pernyataan bahwa dengan Matematika dapat mengembangkan dan membentuk kemampuan matematis dan logika berpikir cerdas dengan kualitas yang baik pada generasi muda,” jelasnya.

Jalin Silaturahmi

“Lomba ini sekaligus sebagai sarana untuk menumbuhkan generasi muda berprestasi terkhususkan dalam bidang ilmu matematika dan menjalin silaturahmi yang baik antarsiswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se-Indonesia,” katanya.

Koordintaro Humas Panitia Lomba Giani Endah Pratiwi mengatakan, lomba matematika ini dibagi menjadi dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final.

Pada babak penyisihan diambil beberapa peserta dengan nilai tertinggi untuk melaju ke babak final dan memperebutkan juara I, II, III, harapan I dan harapan II. “Opening ceremony akan diikuti seluruh peserta dan guru pendamping.

Dihadiri oleh dosen Pendidikan Matematika FKIP UMP, Kaprodi se-FKIP, Wakil Dekan FKIP, Dekan FKIP, Wakil Rektor UMP, Rektor UMP, Bupati Banyumas dan lembaga kemahasiswaan lainnya,” kata dia.

Lebih lanjut, Giani mengungkapkan, pendaftaran sudah dimulai pada 4 November 2019 – 12 Februari 2020, dengan pelaksanaan Minggu, 16 Februari 2020 mendatang.

“Untuk syarat dan ketentuan lomba matematika nasional UMP 2020 yakni peserta dapat mendaftar atas nama pribadi maupun delegasi sekolah. Sekolah yang mengirimkan 10 Peserta dapat gratis biaya pendaftaran untuk 1 Peserta tambahan dan berlaku kelipatan. Sekolah yang mengirimkan lebih dari/ sama dengan 10 peserta dapat menugaskan maksimal 2 guru pendamping. Guru pendamping dapat mengikuti seminar dengan syarat membawa surat tugas dari sekolah rangkap 2,” jelasnya.

CP pendaftaran SD/ MI : 085712645609 ( RIFTA ), SMP/MTs : 085743831834 ( INTAN ), SMA/MA/SMK : 085712645618 ( FRISKA) dengan fasilitas: peserta :  sertifikat, LMN Kit, doorprize, makan dan minum. Sementara untuk guru pendamping yakni seminar dan sertifikat.

“Info lebih lanjut bisa hubungi di no 081325135214 an Adit dan 089610938110 an Vivi. Atau bisa dilihat di instagram @lmn_umpwt2020, facebook Lomba Matematika Nasioanal UMP, twitter @LMN_UMPwt dan website www.lmnhimatika.ump.ac.id,” jelasnya. (tgr)