AUMBerita

Tingkatkan Kapasitas, Kantin SD Muhammadiyah 1 Ketelan Ikuti Uji Kompetensi dari Kemenkes RI

PWMJATENG.COM, Surakarta – Kantin SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta dinobatkan sebagai Kantin Terbaik Kedua Kategori Sentra Pangan Jajanan atau Kantin dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Diapresiasi Wakil Walikota Surakarta Drs Teguh Prakosa dan mendapatkan kesempatan kegiatan Uji Kompetensi Skema Sertifikasi Klaster Pengelolaan Higiene Sanitasi Makanan bagi penanggung jawab secara online, Selasa (22/2/2022).

“Selamat untuk SD Muhamadiyah 1 Ketelan Surakarta mendapat Juara II lomba kantin sehat. Semoga dapat menularkan virus-virus kebaikan untuk sekolah seIndonesia,” ujar Teguh via Whatsapp.

Kepala Sekolah Sehat Sri Sayekti menuturkan, penganugerahan penghargaan untuk kantin sehat ramah anak; yang tak terlepas dari komitmen sekolah dalam mengaplikasikan 5M; yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan Omicron.

“SD Muhammadiyah 1 Ketelan selalu berkampanye untuk gerakan 5M itu. Ini kami lakukan sepanjang waktu melalui radio streaming ‘radio solo belajar’ dan media sosial,” tutur Sayekti.

Dan sekolah telah berhasil meraih Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan Kantin dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia di Semarang. Menerapkan prinsip dasar keamanan pangan meliputi higiene pengolah pangan; penanganan dan penyimpanan pangan; pengendalian hama; serta sanitasi tempat dan peralatan.

Baca juga, Regenerasi Kepemimpinan, Dewan Kerabat HW Putra Ponpes Almatera Temanggung Resmi Dilantik

“Hari ini, Eny Khusnul Khotimah SP.d., penangung jawab kantin berhasil mengikuti Uji Kompetensi Skema Sertifikasi Klaster Pengelolaan Higiene Sanitasi Makanan bagi penanggung jawab,” ujarnya.

Hal tersebut digelar sebagai tindak lanjut pemberian penghargaan TPP yang Menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 tahun 2021, Direktorat Kesehatan Lingkungan bersama dengan asosiasi/mitra keamanan pangan akan melaksanakan peningkatan kapasitas bagi pemenang dan embina terbaik.

“Alhamdulillah hari ini berhasil mengikuti kegiatan. Terima kasih atas gotong royong dan kerja sama yang baik. Baik dari Fakultas Kedokteran Gigi UMS; Universitas Aisyiyah Surakarta; RS PKU Muhammadiyah Surakarta; Gita Pertiwi dan Ricolto Belgia; Dinas Kesehatan; Dinas Pendidikan; dan BPOM yang telah membina; dan Ibu Yosina M. Wandadaya yang telah mengirim undangan ke Humas Sekolah Jatmiko,” ujar Eny sambil tersenyum. (mtu)

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE