“The Prophet Muhammad an Inspiration and Idol” Greget Santri Daarul Falaah Muhammadiyah Merden

0
841

PWMJATENG.COM, Banjarnegara –  Hari libur bukan sekedar tidur-tiduran, pergi piknik ataupun fokus pada gadget seharian. Namun, bisa diisi dengan kegiatan positif atau kegiatan lain yang bermakna berupa kegiatan untuk menambah pengetahuan ataupun mengasah keterampilan. Barangkali itu yang dilakukan oleh santriwan-santriwati  Pondok Pesantren Daarul Falaah Muhammadiyah Merden.

Tanggal 20 November 2018 adalah Hari Libur Nasional Maulid Nabi Muhammad SAW dimanfaatkan oleh Keluarga Besar Ponpes Daarul Falaah Muhammadiyah Merden untuk menyelenggarakan acara dengan tajuk “The Prophet Muhammad an Inspiration and Idol,” (Nabi Muhammad inspirasi dan idola) yang bertempat di Balai Desa Merden mulai pukul 08.00 WIB dan berakhir jam 11.30.

“Kegiatan bertujuan untuk membina, mengasah kreatifitas santriwan-santriwati Daarul Falaah yang dilakukan oleh santri kelas IX sebagai panitia serta santri kelas VII-VIII sebagai peserta.” Demikian dikatakan Ustadz Agus Triawan sebagai mudir ponpes disela-sela acara. “Kegiatan ini untuk melatih gaya leadership atau kepemimpinan bagi kelas IX dengan lomba dan penampilan, semoga menambah ghirrah/semangat belajar dan berkreasi juga bermanfaat bagi aktifitas mereka setelah dewasa di masyarakat.” tambahnya.

Kegiatan yang berdurasi 3,5 jam diisi dengan Lomba Khitobah Bahasa Arab, Story Telling, dan Nasyid Religi serta unjuk kebolehan dari Kelas IX sebagai panitia. Peserta pada lomba-lomba ini merupakan perwakilan atas nama kelas VII dan VIII.

Pemenang Lomba Khitobah Bahasa Arab diraih Kelas VIII E Putri sebagai juara pertama dengan raihan angka 763. Kemudian, diikuti Kelas VII F sebagai juara kedua dengan nilai 710. Sedangkan perolehan angka 668 diraih kelas VII E sebagai juara ketiga. Lomba Story Telling dimenangkan oleh kelas VIII F Putri sebagai juara pertama, juara kedua Kelas VIII E Putra dengan nilai 141 dan Kelas VII E dengan angka 129 sebagai juara ketiga. Lomba Nasyid sebagai juara pertama Kelas VIII E Putri dengan torehan angka 146,7 disusul Kelas VII F sebagai juara kedua dengan angka 141,5 dan juara ketiga dengan nilai 123,3 diraih Kelas VIII E Putra. Dengan ketiga lomba yang dipertandingkan keluar sebagai juara umum adalah kelas VIII E Putri.

Usai acara, ustadz dan para santri kelas IX sebagai panitia mengikuti refleksi. Hal ini bertujuan untuk menganalisa sejauh mana keberhasilan, hambatan, dan kekurangan dalam penyelenggaraan kegiatan sehingga diharapkan kegiatan kedepan bisa lebih baik. Demikian diungkapkan Ustadz Ifadh di akhir acara. (Darsan/Tim Media PDM Banjarnegara)