AUMBerita

Terakreditasi Paripurna, Klinik MMC UMS Makin Tingkatkan Layanan Kesehatan untuk Masyarkat

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Klinik Pratama Muhammadiyah Medical Center (MMC) yang merupakan bagian dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mencapai pencapaian luar biasa dengan meraih akreditasi Paripurna dari Lembaga Akreditasi Independen Semar Bhakti Nusantara (LAI-SBN). Pengakuan ini memberikan dampak positif bagi pelayanan kesehatan, dengan masa berlaku dari 19 Desember 2023 hingga 19 Desember 2028.

Prof. Dr. dr. Em Sutrisna, M.Kes., selaku Direktur Klinik Pratama MMC, mengungkapkan bahwa MMC berperan sebagai penyedia layanan kesehatan bagi sivitas akademika UMS dan masyarakat umum. Beliau menyatakan, “Klinik menjadi fasilitas kesehatan sivitas akademika UMS, sehingga bagi mahasiswa atau dosen dapat berobat gratis, baik BPJSnya di MMC maupun di luar MMC.”

Tingginya tuntutan terhadap klinik disebabkan keterkaitannya dengan keselamatan pasien, membuat akreditasi menjadi kebutuhan mutlak. “Ini termasuk tahun pertama klinik diakreditasi, karena pada tahun 2022 belum ada. Sekarang sudah terakreditasi dan terstandar,” tambah Prof. Em, yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang IV UMS.

Baca juga, Tiba di Kairo, Apa Saja yang Akan Dilakukan Tim Advance EMT Muhammadiyah untuk Persiapkan Respons Konflik Palestina?

Proses akreditasi dilakukan melalui dua tahap, yaitu secara luring dan daring. Penilaian tidak hanya berfokus pada pengumpulan borang-borang, tetapi juga melibatkan evaluasi terhadap sarana dan prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM), dan aspek lainnya.

Prof. Em menjelaskan, “Perolehan akreditasi Paripurna ini setara dengan bintang 5 pada hotel, meskipun sertifikatnya tidak memiliki bintang. Bintang di sini hanya sebagai simbol dari pelayanan masyarakat.”

Klinik Pratama telah menjadi fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Direktur MMC menekankan bahwa akreditasi mencakup tata kelola klinik MMC, peningkatan mutu keselamatan pasien, dan peningkatan kesehatan perorangan. Semua aspek ini memiliki standar yang harus dipenuhi.

“Harapan kami adalah agar pasien sivitas akademika UMS dan masyarakat umum merasa nyaman dan aman saat berobat ke klinik MMC,” tegas Prof. Em.

Kontributor : Fika
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE