AUMBerita

Syawalan Madrasah Muallimin Yogyakarta: Rahasia Istikamah Pasca Ramadan

PWMJATENG.COM, Yogyakarta – Syawalan dan Tausyiah Halalbihalal di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta pada Kamis, 16 Syawal 1445/25 April 2024, digelar dengan meriah di Sport Centre Kampus Terpadu, Sedayu, dengan kehadiran Fathin Hammam, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tegal sebagai pembicara utama.

Dalam tausyiahnya, Fathin Hammam menyampaikan tentang tiga keadaan manusia pasca Ramadan: pertama, tetap istiqomah dalam ketaatan baik saat Ramadan maupun setelahnya; kedua, menurunnya semangat ibadah karena menganggap Lebaran sebagai waktu untuk bersantai; dan ketiga, tetap dalam kondisi malas beribadah sebelum, saat, atau sesudah Ramadan.

Selain itu, dia juga menyoroti empat hal yang harus dijaga secara istiqomah pasca Ramadan, yakni ketauhidan, ketaatan, keikhlasan, dan berjuang dengan bijaksana dalam persyarikatan.

Baca juga, Delapan Etos Kerja Kader Muhammadiyah

Pesan yang disampaikan mengacu pada ajaran Islam dan petunjuk yang telah ditinggalkan oleh almarhum Djindar Tamimi, guru di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, terutama terkait dengan pentingnya kesadaran akan akhirat.

Fathin Hammam juga mengutip ayat Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad, yang menegaskan pentingnya akhir dari segala perbuatan manusia dalam menentukan nilai amalannya.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk Ketua BPH Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, Khoirudin Bashori, Direktur Muallimin, Aly Aulia, serta sejumlah ustaz, pegawai, dan tamu undangan lainnya. Halalbihalal menjadi momentum untuk merajut kembali silaturahmi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya istikamah dalam menjalani kehidupan, baik dalam ketaatan kepada Tuhan maupun dalam berjuang untuk kebaikan bersama.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE