Berita

Sukses, Rakerwil Majelis Tabligh dan Ketarjihan PDA se- Jawa Tengah

PWMJATENG.COM, Surakarta- Gayeng, Itulah kesan perhelatan kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakerwil) yang diselenggarakan oleh Majelis Tabliqh dan Ketarjihan (MTK) Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah bertempat di Pondok Pesantren Mahasiswa (PESMA) KH Mas Mansur UMS Gonilan Surakarta, selama dua hari, Sabtu sampai dengan Ahad (1/10/2023).

Gayung bersambut dari para peserta yang dihadiri wakil ketua PDA koordinator MTK, ketua dan sekretaris MTK se Jawa Tengah, Semua larut dalam kegembiraan, antusias mencermati dan merancang program kerja yang akan dilaksanakan selama 5 tahun ke depan, tentu saja disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Ketua MTK Pimpinan Pusat Aisyiyah Evi Sofia Inayati dan Ketua PWA Jateng Eny Winaryati, dihadiri pula seluruh panitia, jajaran MTK PWA Jateng. Semua materi yang disampaikan, sangat berbobot, dan penting untuk dipedomani, dan dirasa semua penting untuk dilaksanakan ditingkat daerah yang tentu saja harus bersinergi dengan majelis dan lembaga di PDA.

Menurut Evi Sofia Inayati dalam sambutannya, sangat mengapresiasi Rakerwil dan berharap bahwa Ruh pengajian harus dilestarikan karena Majelis Tabliqh merupakan majelis tertua diantara majelis di Aisyiyah.

“Istilah pengajian sebaiknya tetap saja, dengan kearifan lokalnya Ngaji atau Ngaos dalam istilah jawa, perlu dirawat dan dilestarikan, bagaimanapun juga tidak tergantikan dengan istilah apapun, meskipun dinamai majelis taklim” ucap Ketua MTK PP Aisyiyah.

Baca juga: Jelang Musyran, PRM Langkap Adakan Jalan Sehat

Sambutan dan materi yang disampaikan oleh Ketua PWA Jateng Eny Winaryati sangat bermakna untuk dipedomani, sebagai ibu aisyiyah harus bisa memerankan sebagai perempuan berkemajuan. Sebagai mubaliqh tidak apriori dan selalu tampilkan kultur baru, dengan misi rahmatan lil alamin, konsep Qoryah Toyyibah di tingkat grasroot (akar rumput) harus dijalankan hingga terbentuk ranting baru. Pemimpin harus bisa menggerakkan, tidak hanya baik untuk diri sendiri.

Menurut Wakil Ketua PWA Jateng Koordinator MTK Lintalmuna dalam menyampaikan materi tentang Gerakan Perempuan Mengaji bertujuan demi tegaknya agama islam sehingga terwujud masyarakat islam yang sebenar-benarnya.

“Ada 3 orientasi dakwah pencerahan yaitu salah satu diantaranya adalah memahamkan umat yang tidak tahu menjadi tahu yang ragu menjadi terang yang sesat menjadi lurus/hanif” jelasnya.

Keluarga besar PDA Jepara sangat mendukung kegiatan ini yang bertema “Penguatan Kepemimpinan Untuk Perluasan Dakwah Yang Menderahkan” dengan mengirimkan 3 personil sesuai Kerangka Acuan Rakerwil yang mengkriteriakan bahwa yang menghadiri undangan adalah Wakil Ketua Koordinator MTK Deny Ana I’tikafia, Ketua Endang Puji Rahayu dan sekretaris Sri Rahayuningsih berharap ilmu yang didapatkan selama mengikuti rakerwil dapat diterapkan di PDA Jepara dan diimplementasikan di daerah, bersinergi dengan majelis dan lembaga serta diteruskan baik ke cabang maupun ranting.

Kontributor : Deny Ana I’tikafia, Wakil Ketua PDA Jepara

Editor : M Taufiq Ulinuha

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.