AUMBerita

SMP UMP Sukses Gelar Kegiatan P5 dengan Tema “Explorasi Batik dan Budaya Banyumasan”

PWMJATENG.COM, Banyumas – SMP UMP meraih sukses dalam melaksanakan kegiatan Projek, Penguatan, Profil, Pelajar, Pancasila (P5) dengan mengangkat tema “Explorasi Batik dan Budaya Banyumasan.” Kegiatan ini diselenggarakan di Perpustakaan Daerah Banyumas dan Rumah Batik Anto Djamil pada 7 November 2023, dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah Zahra Ikhsanda, M.A., para guru SMP UMP, dan 42 siswa yang berpartisipasi, Rabu (8/11/23).

P5 merupakan inisiatif yang bertujuan meningkatkan pengetahuan siswa tentang literasi, sejarah Banyumas, dan kreativitas. Kegiatan ini juga memberikan pengalaman langsung terhadap kekayaan budaya daerah, melibatkan dua lembaga penting, yaitu Perpustakaan Daerah Banyumas dan Rumah Batik Anto Djamil.

Di tahap pertama, di Perpustakaan Daerah Banyumas, siswa diperkenalkan dengan dunia literasi dan sejarah budaya Banyumasan. Kegiatan ini memberi mereka kesempatan untuk memahami warisan budaya setempat dan memperluas wawasan literer mereka. P5 berupaya menciptakan siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki pemahaman mendalam tentang identitas budaya mereka.

Tahap kedua, di Rumah Batik Anto Djamil, difokuskan pada sejarah dan praktik langsung pembuatan batik. Para siswa tidak hanya menyaksikan proses kreatif pembuatan batik, tetapi juga terlibat langsung dalam merasakan keindahannya. Kegiatan ini merangsang minat siswa terhadap seni dan kerajinan lokal, sambil mendorong mereka untuk menghasilkan karya dan tindakan orisinal.

Baca juga, Mari Turut Berpartisipasi pada Gerakan Infak Pendidikan Milad 111 Tahun Muhammadiyah!

Wakil Kepala Sekolah Zahra Ikhsanda, M.A., menyampaikan kebahagiannya melihat antusiasme siswa dalam melaksanakan kegiatan P5. “Saya merasa sangat senang melihat antusiasme siswa SMP UMP dalam melaksanakan kegiatan P5 di Perpustakaan Daerah Banyumas dan Rumah Batik Anto Djamil,” ujarnya. Zahra berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan untuk membentuk siswa yang mencintai budaya dan produk lokal, serta menjadi pemimpin kreatif dan inovatif di masa depan.

Zirlyvera Raisyafika, salah satu siswi SMP UMP, memberikan tanggapannya terkait kegiatan P5. “Saya sangat senang bisa mengikuti kegiatan P5 ini. Kita diajarkan sejarah Banyumas, dunia literasi, dan bisa praktek langsung membuat batik. Semoga kegiatan semacam ini dapat diadakan lagi di tempat lain,” ucapnya penuh semangat.

Dengan keberhasilan kegiatan P5, SMP UMP tidak hanya membuka wawasan siswa terhadap literasi dan budaya Banyumas, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kreativitas dan identitas budaya siswa. Kegiatan serupa diharapkan dapat terus diadakan untuk melibatkan lebih banyak siswa dan meluaskan dampak positifnya bagi pendidikan di daerah ini.

Kontributor : Alvin
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.