Berita

SMP Muhjitos Gelar Baitul Arqom Kuatkan Nilai-nilai Keislaman dan Ideologi Muhammadiyah

PWMJATENG.COM, Surakarta– SMP Muhammadiyah 1 Kartasura (Muhjitos) mengadakan kegiatan Baitul Arqom dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan. Bertempat di Villa Tebar Salam Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 195 Siswa-siswi Kelas 8 & 9 dan didampingi 25 guru dengan sistem menginap selama dua hari satu malam.

Baitul Arqam adalah suatu bentuk Pembinaan di Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi keislaman dan kepemimpinan bagi siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Pada Senin – Selasa tanggal 23 -24 Oktober 2023.

Mengusung tema “Menguatkan Nilai-nilai Keislaman dan Ideologi Muhammadiyah “ dalam kegiatan ini peserta mendapatkan pemahaman materi tentang Aqidah Islamiyah, Akhlakul Karimah dan Kemuhammadiyahan. Adapun pemateri dalam Kegiatan ini diisi oleh ustad Syifaul Mubin, LC., Hidayah, LC dari Pondok Pesantren Isy Karima dan ustad Habib Adnan, M.Pd dari PDPM Surakarta.

Rangkaian kegiatan Baitul Arqam dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan diawali pada hari pertama dengan Pembukaan oleh Kepala Sekolah kemudian langsung dilanjutkan dengan Materi Kelas yaitu: Aqidah Islamiyah, Akhlak, Kemuhammadiyahan, Leaderhip, ESQ. Pada hari kedua kegiatan Baitul Arqam seluruh peserta mengikuti kegiatan luar ruangan yaitu Wide Game.

Baca juga: Mobil “Samber Nyowo” UMS Siap Bersaing di Kontes Mobil Hemat Energi 2023

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Yayuk Nur Rahayu, S Pd. dalam sambutan pembukaan Baitul Arqam mengatakan bahwa kegiatan ini sesuai dengan tema kegiatan bertujuan untuk Menguatkan Nilai-Nilai KeIslaman dan Implementasi Ideologi Muhammadiyah kepada peserta dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga melalui kegiatan Baitul Arqam ini, anak-anak dapat mengambil nilai-nilai positif yaitu bertambahnya pengetahuan serta semakin paham tentang nilai-nilai Keislaman dan dan Ideologi Muhammadiyah” terang Yayuk Nur Rahayu.

Salah satu siswi kelas 9 Tahfidz, Cikal Kinar Sakila mengatakan sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan ini apalagi kegiatan luar ruangan yaitu wide game.


“Seru, menarik, Menyenangkan banyak ilmu yang saya dapat, Insya Allah bermanfaat, lebih mempererat kebersamaan bareng teman-reman dan bisa menjauhkan dari hp” ungkap Cikal.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.