AUMBerita

SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang Gelar Shalat Ghaib dan Kegiatan Save Palestina

PWMJATENG.COM, Magelang – SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (SMP Mutual) Kota Magelang menggelar Shalat Ghaib dan kegiatan Save Palestina dengan tujuan penggalangan dana untuk disalurkan melalui Lazismu. Lebih dari 500 siswa turut serta dalam kegiatan ini sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina. Kegiatan dilaksanakan di halaman sekolah pada Jumat, 17 November 2023.

Kepala SMP Mutual Magelang, Wasi’un, S. Pd.I., M. Pd.I, menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk solidaritas, tetapi juga sebagai media pembelajaran berbagi dan mendukung upaya penyelamatan Palestina. Dalam sambutannya, Wasi’un menekankan pentingnya kepedulian terhadap warga Palestina yang mengalami penderitaan akibat konflik dengan Israel.

“Penggalangan dana save Palestina merupakan media belajar berbagi untuk mendukung upaya penyelamatan Palestina. Melihat banyaknya korban warga Palestina, sebagai warga negara Indonesia, kita tersentuh sehingga para siswa melakukan solidaritas, ikut membantu mereka terutama warga Palestina yang kekurangan melalui penggalangan dana,” ungkap Wasi’un.

Baca juga, Muhammadiyah di Usianya yang ke-111: Ikhtiar Menyelamatkan Semesta

Save Palestine, atau selamatkan Palestina, menjadi sorotan dalam kegiatan ini, menggambarkan dukungan kepada Palestina untuk meraih kemerdekaannya dari serangan Israel. Keprihatinan siswa dan santri SMP Mutual Magelang terhadap penderitaan warga Palestina menjadi dasar dari kegiatan ini sebagai pendidikan karakter untuk ikut peduli pada mereka yang menderita dirampas kemerdekaannya.

Berbagai elemen simbolik mendukung suasana solidaritas, seperti twibbon save Palestina berupa atribut kecil, bendera Palestina, slogan dukungan Palestina, dan bahkan kepala sekolah membagikan semangka. Semangka dipilih sebagai simbol atribut yang mirip dengan simbol-simbol Palestina, mengandung makna solidaritas, dan diberikan kepada siswa, guru, dan masyarakat di luar sekolah.

Zahra Emira dan Sabrina, siswi kelas 8, menyatakan keikutsertaan mereka dalam shalat ghaib dan penggalangan dana sebagai bentuk keprihatinan terhadap penderitaan warga Palestina. Mereka berdoa dan mengumpulkan dana infaq sebagai wujud nyata kepedulian mereka.

“Hasil infaq ini semoga bisa membantu meringankan beban warga disana dan Semoga Palestina segera Merdeka sehingga saudara saudara kita disana tidak lagi menderita,” ungkap Zahra.

Dana infaq yang terkumpul mencapai lebih dari Rp. 25 juta dan langsung diserahkan ke Lazismu Kota Magelang. Keikhlasan para siswa dan guru dalam menyalurkan infaqnya mencerminkan moralitas tinggi, yang turut mengantarkan prestasi SMP Mutual dalam beberapa tahun terakhir. Dalam waktu 2 tahun, SMP Mutual berhasil meraih lebih dari 300 medali atau piala dari tingkat kota dan kabupaten hingga tingkat nasional.

Kegiatan Save Palestina di SMP Mutual juga diakui sebagai salah satu faktor pendorong pembentukan karakter siswa dan santri yang peduli terhadap penderitaan sesama manusia. Keberhasilan penggalangan dana ini menjadi bukti konkret bahwa solidaritas dan kepedulian dapat membawa dampak positif pada lingkungan sekitar.

Furi Fariansyah dari Lazismu Magelang menyampaikan apresiasi atas sumbangan yang diberikan oleh SMP Muhammadiyah 1 Alternatif. “Alhamdulillah hari ini Lazismu Kota Magelang mendapatkan amanah untuk menyalurkan hasil infaq di SMP Muhammadiyah 1 Alternatif sebesar Rp. 25.500.900. Ini merupakan upaya Lazismu Kota Magelang dalam menggalang dana untuk membantu Palestina,” tutupnya.

Kontributor : Budhy Sanjaya
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.