BeritaLP-UMKMMajelis LembagaPWM Jateng

Sinergi Luar Biasa! Muhammadiyah Jateng dan Undaris Tingkatkan SDM UMKM

PWMJATENG.COM, Kabupaten Semarang¬†‚ÄstLembaga Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (LP UMKM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah menggandeng Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (Undaris) Ungaran dalam Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) LP-UMKM PDM se-Eks Karesidenan Semarang, Sabtu (15/6).

Selain kerja sama dalam pelaksanaan Rakorwil, LP-UMKM PWM Jawa Tengan dan Undaris juga bekerja sama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para pelaku usaha kecil di Jawa Tengah. Kerja sama ini dituangkan dalam MoU antara LP UMKM PWM Jawa Tengah dan Undaris yang ditandatangani di Gedung Rektorat, Jl Tentara Pelajar 13 Ungaran, Kabupaten Semarang.

Ketua LP UMKM PWM Jateng, Khafid Sirotudin, menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen mengembangkan SDM pelaku UMKM dengan menyelenggarakan pendidikan, pelatihan intensif, dan pendampingan. “Jumlah pelaku UMKM di Jateng sekitar 1,45 juta. Dari jumlah tersebut, kurang lebih 12 persen atau 150 ribu UMKM di bawah binaan dan pendampingan Muhammadiyah Jateng,” tandas Khafid dalam Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di Undaris.

Selain menghadirkan Pimpinan LP-UMKM PDM se-EKs Karesudenan Semarang, Rakorwil tersebut juga menghadirkan Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA), dan Bidang Ekonomi Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PWNA) Jateng.

Hadir dalam acara ini Ketua PWM Jateng, Tafsir, dan Rektor Undaris, Hono Sejati, yang memberikan sambutan pada pembukaan Rakorwil.

Adapun sebagai pemateri, Anggota Komisi B DPRD Jateng, Dyah Kartika Permanasari, menyampaikan materi mengenai pengembangan ekonomi kreatif di Jateng. Moderator dalam acara ini adalah Wakil Rektor Undaris, Eka Handriani, yang juga Ketua MEK PWA Jateng.

Baca juga, Ibadah Haji dan Persamaan Nilai Kemanusiaan

Acara ini diikuti oleh LP UMKM PDM se-Eks Karesidenan Semarang. Meskipun secara organisasi LP UMKM belum genap berumur dua tahun, Khafid Sirotudin bertekad meningkatkan derajat ekonomi warga, khususnya pelaku UMKM. MoU antara LP UMKM PWM Jateng dan Undaris meliputi empat hal penting: mewujudkan kampus ramah UMKM, pelatihan pendidikan dan pengembangan SDM UMKM, pendirian lembaga studi dan pengembangan UMKM sebagai wujud Tridharma Perguruan Tinggi, serta menjadikan UMKM sebagai salah satu materi kuliah.

Rektor Undaris, Hono Sejati, menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama ini sangat tepat karena Undaris telah lama menanamkan spirit dan pendidikan kewirausahaan bagi seluruh mahasiswa. “Alumni kami tersebar dan menjadi tokoh-tokoh yang dikenal secara nasional. Undaris juga sering menggelar pembinaan teknis (bintek) dalam berbagai hal,” tutur Rektor Hono Sejati.

Ketua PWM Jateng, Tafsir, menjelaskan bahwa Muhammadiyah terbuka untuk bekerja sama dengan institusi mana pun. Namun, terkait pemberian izin tambang, pihaknya tidak ingin tergesa-gesa menerima atau menolak izin tambang. “Kami lakukan kajian dulu. Butuh kajian legalitas, politik, lingkungan alam, ekonomi, dan lainnya,” jelas Kiai asli Kebumen ini.

Dyah Kartika Permanasari menegaskan komitmennya untuk memajukan ekonomi dan pariwisata dengan ekonomi kreatif. “Harus ada ide dan gagasan yang segar dan baru, konsep luwes yang dikembangkan mengikuti aktivitas ekonomi, ada distribusi, dan kolaborasi. Manfaat Ekraf ini tentu membuka lapangan kerja baru,” tegasnya.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE