Berita

Silaturrahmi Keluarga Besar MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga

PWMJATENG.COM, PURBALINGGA – Bertempat di RM. Warunge Dewek Baturaden, pada Rabu (19/5), seluruh guru dan karyawan MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga, mengadakan kegiatan silaturrahmi dan rapat rutin bulanan madrasah.

Acara diawali dengan pembacaan rangkaian acara oleh wakil kepala urusan Kehumasan, Murniati, S.Ag. Acaranya adalah pembukaan, komitmen 5 budaya kerja Kementrian Agama Republik Indonesia, tadzkir silaturrahmi, sambutan kepala Madrasah, laporan program Wakil Kepala, diskusi dan tanya jawab, lain-lain dan penutup.

Acara selanjutnya adalah tadzkir, yang disampaikan oleh Murniati, S.Ag, mengangkat tema, Memuliakan Guru. โ€œGreat people can produce some quality works, but quality teachers can produce thousands of great people (Orang hebat dapat melahirkan beberapa karya bermutu, tetapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang hebat).

“Pada saat sekarang ini, adab seorang penuntut ilmu terhadap guru semakin berkurang. Para penuntut ilmu saat ini, lebih mementingkan mempelajari ilmu, daripada mempelajari adab. Memuliakan guru adalah wajib, karena memuliakannya adalah bentuk memuliakan ilmu, dan kunci keberhasilan dalam menuntut ilmu. Seorang penuntut ilmu wajib menghormati guru yang telah mendidiknya. Wajib beradab dengan adab yang mulia, dan harus berterima kasih kepada guru yang telah mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepadanya”.

Rasulullah Saw bersabda:

ู„ูŽู€ูŠู’ุณูŽ ู…ูู†ู‘ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู€ู…ู’ ูŠูุฌูู„ู‘ูŽ ูƒูŽุจููŠู’ู€ุฑูŽู†ูŽุงุŒ ูˆูŽูŠูŽุฑู’ุญูŽู…ู’ ุตูŽุบููŠู’ู€ุฑูŽู†ูŽุงุŒ ูˆูŽูŠูŽุนู’ุฑููู’ ู„ูุนูŽุงู„ูู€ู…ูู†ูŽุง ุญูŽู‚ู‘ูŽู‡ู

Artinya: Hadits hasan Diriwayatkan Oleh Ahmad : V/323 dan Al-Hakim, โ€œTidak termasuk golongan kami, orang yang tidak menghormati yang lebih tua, tidak menyayangi yang lebih muda, dan tidak mengetahui hak seorang ulama”. “Kata Murniati.

Silaturrahmi Keluarga Besar MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga

Selanjutnya disampaikan, Seorang penuntut ilmu harus memperbaiki adabnya terhadap guru. Memuji Allรขh Swt yang telah memudahkan baginya, dengan memberikan kepadanya orang yang mengajarkan dari kebodohan, menghidupkannya dari kematian (hati)nya, membangunkan dari tidurnya, serta mempergunakan setiap kesempatan untuk menimba ilmu darinya. Hendaklah ia memperbanyak doโ€™a bagi gurunya, baik ketika ada maupun ketika tidak ada. “Tutup Murniati.

Siswogo, S.Si., selaku Kepala Madrasah dalam sambutannya menyampaikan, karena masih suasana Idul Fitri 1442 H, kami berdoa Taqqabalallahu Minna Wa Minkum, Minal Aidzin Wal Faizin. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah Swt, aamiin. Kesalahan baik secara pribadi, maupun institusi mohon untuk dimaafkan. Mari memulai untuk lebih baik lagi.

“Tujuan dari Silaturrahmi dan rapat rutin madrasah yang di selenggarakan jauh dari sekolah/madrasah, adalah untuk me-refresh/recharger kemampuan otak pikir kita menjadi lebih unggul, lebih berprestasi dan lebih berkembang. Masalah menu makanan dimana-mana hampir sama, bukan itu tujuan kita. Namun kebersamaan dalam wadah keluarga besar MTs Mutulingga untuk menjadi lebih kuat dan lebih tangguh”. “Pungkas Siswogo.

Acara dilanjutkan dengan Laporan-laporan dan evaluasi dari Wakil Kepala Madrasah, kehumasan, panitia PPDB dan urusan lainnya.

Kegiatan ditutup dengan membaca doa kafaratul majlis dilanjutkan sholat dhuhur berjamaah dan mekan siang dengan menu: nasi gurih, urab kecombrang, ayam goreng, kering tempe dan peyek urang garing. Sesi terakhir adalah moment foto bersama dibeberapa destinasi yang ada dilokasi. (Murni/AP)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE