BeritaKabar Daerah

Semarak Milad NA Kabupaten Magelang: Talk Show Kesehatan Reproduksi yang Menginspirasi!

PWMJATENG.COM, Magelang¬†‚ÄstPimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Magelang ikut serta memeriahkan Semarak Milad NA ke-93-96 pada Ahad, 9 Juni 2024. Acara ini digelar di Gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang dan diikuti oleh perwakilan anggota dari PCNA se-Kabupaten Magelang serta perwakilan ortom Muhammadiyah.

Dalam sambutan pembuka, Ketua PDNA Kabupaten Magelang, Marina Melani, mengucapkan terima kasih kepada perwakilan ortom Muhammadiyah yang hadir, serta yunda-yunda dari PCNA se-Kabupaten Magelang yang berpartisipasi dalam Semarak Milad NA 93-96. ‚ÄúTerima kasih atas kehadiran dan partisipasi yunda-yunda semua. Semoga acara ini memberikan manfaat bagi kita semua,‚ÄĚ ujar Marina.

Kolaborasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Magelang menghasilkan Talk Show pertama yang disampaikan oleh Nanik Susilowati, perwakilan dari Dinas Sosial. Talk Show bertajuk “Problematika dan Tindakan Preventif Remaja dalam Kesehatan Reproduksi” ini membahas berbagai isu krusial.

Nanik Susilowati memulai dengan membahas hubungan antara kemiskinan dan rendahnya pendidikan. “Anak-anak yang putus sekolah cenderung menikah muda, dan ini berdampak pada kesehatan reproduksi mereka. Organ reproduksi yang belum matang meningkatkan risiko melahirkan anak stunting. Untuk itu, bantuan sosial harus diarahkan untuk meningkatkan pendidikan dan menekan angka pernikahan di bawah umur,” tuturnya.

Baca juga, Muhammadiyah Pelopor Salat Id di Tanah Lapang: Sejarah dan Perkembangannya

Nanik juga menyoroti rendahnya indeks pembangunan manusia di Kabupaten Magelang. “Banyak yang belum memahami kehidupan rumah tangga karena rendahnya pendidikan. Ini mempengaruhi pola pikir, kesehatan mental, dan kesejahteraan secara keseluruhan,” tambahnya.

Dinas Sosial juga memperkenalkan Duta Genre Kabupaten Magelang 2024 dengan yel-yel “Genre Indonesia: Saatnya yang Muda yang Berencana.” Talk Show ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh audiens.

Talk Show kedua dibawakan oleh Robiul Fitri M, yang membahas “Kesehatan Reproduksi dari Sudut Pandang Medis.” Dalam presentasinya, Robiul menjelaskan bagian-bagian organ reproduksi pria dan wanita serta cara menjaga kesehatan reproduksi. “Konsumsi makanan sehat, olahraga yang sesuai, dan hindari rokok untuk menjaga kesuburan pria,” sarannya.

Ia juga menekankan pentingnya memahami siklus menstruasi dan cara menjaga kebersihan organ reproduksi saat menstruasi untuk mencegah infeksi. “Diharapkan audiens menjadi lebih paham tentang bagian-bagian reproduksi, cara merawatnya, dan pencegahan penyakit,” kata Robiul.

Dengan adanya talk show ini, diharapkan peserta mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam tentang kesehatan reproduksi dan pentingnya pendidikan dalam menjaga kesehatan generasi muda. Semarak Milad NA Kabupaten Magelang kali ini bukan hanya meriah, tetapi juga penuh manfaat dan inspirasi bagi semua yang terlibat.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE